youtube channel

Channels

5 Tips Hemat Membuat Kue Kering

5 Tips Hemat Membuat Kue Kering

5 Tips Hemat Membuat Kue Kering

antvklik.com - - Mendekati hari raya Idul Fitri, nampaknya banyak orang yang beramai-ramai membuat kue kering sendiri di rumah. Dimana, membuat kue kering ini akan menjadi salah satu makanan ringan yang dijadikan suguhan di hari raya Idul Fitri. Tak hanya menjadikan kita semakin mahir membuat kue kering, berkreasi sendiri membuat kue juga akan menjamin kue yang dibuat lebih sehat, lezat dan pastinya nikmat.

Tapi sayang, tidak jarang kue kering yang dibuat sendiri justru mengeluarkan budget yang lebih besar ketimbang membelinya diluar. Hal itu disebabkan karena pada saat belanja bahan kue kering, seringkali kita “lapar mata” yang akhirnya melebihi anggaran dari yang direncanakan.

Berikut beberapa tips hemat membuat kue kering yang dapat anda simak:

1. Tentukan jenis kue kering yang akan anda buat

Dengan menentukan jenis kue kering apa yang akan dibuat, maka kita dapat meminimalisir pengeluaran serta mencegah timbulnya rasa “lapar mata” ketika membeli bahan-bahan kue kering.

5 Tips Hemat Membuat Kue Kering 5 Tips Hemat Membuat Kue Kering

2. Hitung berapa jumlah bahan-bahan yang akan digunakan

Seringkali saat belanja bahan-bahan kue kering, kita merasa kalap, hingga akhirnya banyak bahan yang tersisa karena sudah kehabisan tenaga untuk mengerjakannya, kemudian catat total bahan yang harus dibeli. Sayang ya jadi mubazir kan?

3. Beli bahan dari jauh-jauh hari

Agar hemat, anda bisa membeli bahan-bahan yang awet untuk membuat kue dari jauh-jauh hari seperti tepung terigu, maizena, gula halus, margarin, dan coklat. Selain hemat, ketersediaan stok barang yang kadang sering kosong menjelang lebaran akan membuat anda kesulitan membelinya nanti. Tapi untuk telur, belinya beberapa hari saat akan membuat kue saja, ya, karena telur mudah busuk tidak seperti bahan lainnya.

5 Tips Hemat Membuat Kue Kering 5 Tips Hemat Membuat Kue Kering

4. Cermati dan bandingkan produk yang akan dibeli

Setiap memasuki supermarket, katalog produk selalu disediakan di dekat pintu masuk. Katalog ini berisi informasi yang lengkap tentang harga dan ketersediaan produk. Dengan ini atau riset internet, anda bisa membandingkan harga bahan yang dibutuhkan dengan supermarket lain atau pasar tradisional. Setelah tahu mana yang lebih murah, budget sisa dapat digunakan untuk kebutuhan lain. Namun jika anggaran tetap tidak cukup untuk membeli satu bahan, anda bisa mencoba merk supermarket atau merk lain selama harganya terjangkau.

5. Minta bantuan kerabat atau tetangga

Jika anda tidak terlalu mahir untuk membuat kue kering, jangan sungkan untuk meminta bantuan dari kerabat atau tetangga anda. Hal tersebut dilakukan agar tidak ada “kegagalan” dalam membuat kue kering. Seringkali ketika gagal membuat kue kering, kita akan membuang kue tersebut dan akan menjadi mubazir. (F.I)


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments