youtube channel

Channels

Dengar Nih Ladies! 3 Tanda Gejala Kanker Payudara Yang Belum Pernah Didengar

Dengar Nih Ladies! 3 Tanda Gejala Kanker Payudara Yang Belum Pernah Didengar

Dengar Nih Ladies! 3 Tanda Gejala Kanker Payudara Yang Belum Pernah Didengar

antvklik.com - - Kanker payudara memang sering kali diderita oleh kalangan perempuan. Biasanya banyak perempuan yang merasakan adanya benjolan disekitar payudara dimana sebelumnya tidak ada, lalu setelah itu diperiksa oleh dokter yang ternyata didiagnosa sebagai kanker.

Itulah sebabnya banyak perempuan yang diberitahu untuk terbiasa memeriksa daerah payudara untuk memastikan apakah ada perubahan.

Namun perlu dicatat bahwa benjolan bukanlah satu-satunya gejala kanker payudara.

Faktanya, pada tahun 2016 Konferensi National Cancer Research Institute yang berbasis di Inggris menunjukkan bahwa satu dari enam wanita yang didiagnosis kanker payudara melaporkan sedikit gejala selain benjolan.

Karena kurangnya kesadaran akan gejala yang kurang umum ini dikalangan para wanita, para peneliti berhipotesis bahwa apa yang disebut "atypical presentations " dapat menunda beberapa diagnosis wanita.

Menurut Joseph Weber, M.D., seorang ahli onkologi bedah payudara di Aurora Health Care di Milwaukee mengatakan bahwa hasil diagnosis pada pengobatan sebelumnya, biasanya cenderung bekerja paling baik

Tentu saja, bukan berarti kamu harus berhenti memeriksa payudara kamu ini. Dalam sebuah penelitian, 83% perempuan yang memiliki gejala kanker payudara dan didiagnosis karena menemukan benjolan terlebih dahulu.

Namun tak ada salahnya buat kamu lebih banyak kesadaran akan tanda-tanda lain.

Dilansir dari laman womenshealth, berikut 3 tanda gejala kanker payudara yang belum pernah kamu dengar sebelumnya yang dikutip oleh ANTV:

  1. Pembengkakan

Terkadang benjolan bisa mengintai di bawah permukaan, meski kamu tidak bisa merasakannya. Hal ini bisa mengubah bentuk atau ukuran payudara, dan bahkan bisa menimbulkan rasa sakit, dimana 6 persen perempuan dalam penelitian baru-baru ini telah melaporkan adanya pembengkakan tersebut.

  1. Puting berubah

Beberapa kanker payudara akan menyebabkan apa yang disebut inversi puting susu atau pencabutan. Dimana puting susu akan berubah ke dalam. Biasanya, itu terjadi dikarenakan massa tumbuh di dalam payudara dan perubahan bentuknya. Dalam penelitian terbaru, 7% wanita yang didiagnosis menderita kanker payudara melaporkan kelainan pada puting susu.

  1. Nipple discharge

Kelainan puting lain yang mungkin adalah bukan ASI. Nipple discharge untungnya paling sering bukan didiagnosis sebagai kanker, tapi penting untuk segera ke dokter jika ada cairan yang keluar tanpa disengaja atau meremas puting susu, terutama jika berdarah dan hanya menyerang satu sisi.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments