youtube channel

Channels

Abah Udju, Penggerak Perpustakaan Keliling Tak Lekang Digerus Zaman

Abah Udju, Penggerak Perpustakaan Keliling Tak Lekang Digerus Zaman

Abah Udju, Penggerak Perpustakaan Keliling Tak Lekang Digerus Zaman

antvklik.com - www.antvklik.com - Tokoh inspiratif yang satu ini memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Kecamatan Darangdan Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Meski sudah berusia senja, Rahmat Djudju Djunaedi atau Abah Udju (68 tahun) tetap mengabdi tanpa pamrih. Selama 29 tahun, ia mengayuh sepedanya ke desa-desa, sebagai penggerak perpustakaan keliling saba desa (berkunjung ke desa) yang dirintisnya, demi mencerdaskan dan meningkatkan minat baca masyarakat.

Di ruang perpustakaan yang ada dirumahnya, di Kampung Ngenol, Desa Gunung Hejo, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Abah Udju memulai aktifitasnya setiap hari. Setiap pagi Abah Udju mulai mempersiapkan sejumlah buku bacaan dan majalah untuk dibawa keliling desa menggunakan sepedanya, hanya demi mencerdaskan dan meningkatkan minat baca warga yang dijumpainya di berbagai desa.

Meski Abah Udju sudah berusia senja, tetapi semangat pengabdiannya sebagai penggerak perpustakaan keliling saba desa tidak pernah surut.

“Selama merintis perpustakaan ini selama 29 tahun, kini telah ada 10 kelompok baca yang tersebar di 10 desa di Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta. Kelompok pembaca ini terdiri dari kalangan pembaca anak- anak, remaja hingga kaum ibu rumah tangga, “ ujar Abah Udju.

Dalam kegiatannya ini bahkan Abah Udju tanpa pamrih tidak pernah memungut biaya sepeser pun, ia rela menggoes sepedanya sejauh puluhan kilometer, menerobos jalan raya, jalan desa, hingga areal hutan karet dalam kesehariannya. Semua yang ia lakukan hanyalah demi menemui kelompok baca yang ada di desa-desa. Beberapa desa yang terjauh yang ia sambangi adalah Desa Cilingga, Linggasari dan Desa Mekarsari.

Sebagai tokoh inspiratif sangat wajar jika Abah Udju diganjar dengan sejumlah penghargaan dari berbagai lembaga dan pemerintahan. Hal ini terlihat di ruang perpustakaan miliknya, sejumlah penghargaan dipampangkan di dinding ruangan perpustakaan yang memiliki berbagai jenis buku dari berbagai bidang keilmuan. Jumlah total buku bacaan yang ada di perpustakaan milik Abah udju ini ada sebanyak 560 eksemplar lebih.

Demikian laporan Riady Hidayat dari Purwakarta, Jawa Barat.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments