youtube channel

Channels

Tentang ANTV dari Awal

Tentang ANTV dari Awal

Profil Perusahaan

PT Cakrawala Andalas Televisi atau yang lebih dikenal dengan sebutan ANTV hadir sebagai stasiun televisi swasta di Indonesia yang menyajikan beragam tayangan hiburan yang berkualitas, menarik serta menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat Indonesia. Awalnya ANTV adalah stasiun televisi lokal yang siaran di wilayah Lampung dan sekitarnya.


Dengan izin siaran lokal ANTV mengudara selama lima jam sehari, kemudian ANTV mendapat Izin Siaran Nasional dari Menteri Penerangan RI dengan No .207 / RTF / K / I / 1993 tgl 30 Januari 1993. Sepuluh hari setelah izin tersebut keluar ANTV dapat melakukan siaran secara nasional.Tepat 1 Maret 1993 untuk pertama kalinya ANTV memproduksi program sendiri berupa liputan berita aktual jalannya Sidang Umum DPR / MPR.Saat itu ANTV berhasil melakukan siaran langsung meliput jalannya kegiatan penting kenegaraan.Momen istimewa itu yang dijadikan sebagai hari lahirnya ANTV, kini lebih dari 23 tahun ANTV menemani masyarakat pemirsanya dengan program - program terbaik.

Visi & Misi

Menjadi saluran televisi keluarga terbaik untuk seluruh keluarga Indonesia. Misi yang akan dilakukan oleh ANTV untuk dapat mencapai visi tersebut adalah memberikan program-program berkualitas terbaik setiap anggota keluarga untuk mendukung pengembangan karakter Bangsa Indonesia dengan spirit kreatifitas dan inovasi kekuatan kerjasama tim dan tata kelola perusahaan.

Kebijakan Mutu

PT. Cakrawala Andalas Televisi berkomitmen terhadap kebijakan mutu dengan melakukan peningkatan yang bekelanjutan dalam :


  1. Mengupayakan yang terbaik untuk memuaskan pelanggan.
  2. Memberdayakan kemampuan karyawan ke arah profesionalisme.
  3. Menerapkan ISO 9001 : 2015.
  4. Mengintegrasikan semua proses dalam unit agar tercapai efisiensi dan efektifitas yang optimal.
  5. Melakukan peninjauan dan perbaikan Standard Operating Procedure secara berkesinambungan agar ANTV dapat beroperasi lebih efisien dan efektif.
  6. Mematuhi segala regulasi yang telah ditetapkan oleh Pihak Regulator.

Dewan Komisaris

Anindra Ardiansyah Bakrie

Anindra A. Bakrie

Anindra A. Bakrie mulai November 2019 menjabat sebagai Presiden Komisaris PT Cakrawala Andalas Televisi, sebelumnya menjadi Komisaris sejak tahun 2017. Saat ini juga menjabat sebagai Wakil Presiden Direktur PT Visi Media Asia Tbk., Komisaris Utama PT Lativi Mediakarya sejak tahun 2017, Presiden Komisaris PT Viva Media Baru sejak 2017 dan Direktur di PT Bakrie Global Ventura. Menjabat sebagai Komisaris Mdia sejak tahun 2017, dimana sebelumnya menjabat sebagai Direktur VIVA sejak tahun 2011. Sebelumnya pernah menjabat sebagai Presiden Direktur PT Viva Media Baru sejak 2012 hingga 2017, dan Komisaris PT Asia Global Media sejak 2009 hingga 2012.

Anindra A. Bakrie memperoleh gelar Bachelor of Science di bidang Finance and International Business dari Georgetown University, Washington DC, Amerika Serikat pada tahun 2001. Pada tahun 2005 mendapat gelar M.B.A. di bidang Finance dari Bentley, McCallum Graduate School of Business, Amerika Serikat.

Anindya Novyan Bakrie

Anindya N. Bakrie

Anindya N. Bakrie sejak November 2019 menjabat sebagai Komisaris PT Cakrawala Andalas Televisi, yang sebelumnya menjabat sebagai Presiden Komisaris sejak tahun 2009. Menjabat sebagai Komisaris Utama Mdia sejak tahun 2013. Saat ini beliau juga menjabat sebagai CEO PT Bakrie Global Ventura sejak 2012, Presiden Direktur PT Visi Media Asia Tbk. sejak tahun 2014, Komisaris PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk.sejak tahun 2013 dan Komisaris PT Lativi Mediakarya sejak tahun 2017. Pada tahun 2012 pernah menjabat sebagai Komisaris Utama PT Bakrie Telecom Tbk.

Anindya N. Bakrie memperoleh gelar Bachelor of Science dari Northwestern University, Illinois, jurusan Industrial Engineering pada tahun 1996 dan MBA dari Stanford Graduate School of BusinessCalifornia, Amerika Serikat, pada tahun 2001.

Anindya Novyan Bakrie
R. Bismarka Kurniawan

R. Bismarka Kurniawan

Menjabat Komisaris PT Cakrawala Andalas Televisi dan PT Asia Global Media sejak tahun 2009. Sebagai Komisaris Mdia sejak tanggal 11 Desember 2013. Saat ini beliau juga menjabat sebagai Komisaris Utama PT Digital Media Asia sejak 2015, Komisaris PT Bakrie Global Ventura sejak 2013, Komisaris PT Visi Media Asia Tbk. sejak 2017, Komisaris PT Viva Media Baru sejak tahun 2017 dan Komisaris PT Lativi Mediakarya sejak tahun 2007.

Robertus Bismarka Kurniawan memperoleh gelar bachelor of Science, jurusan Civil Engineering dari University of Southern California, California pada tahun 1993 dan meraih gelar Master of Science in Engineering dari Cornell University, New York, untuk bidang Structural Engineering pada 1994, dan mendapatkan Master of business Administration dari University of Wisconsin-Madison, Wisconsin, untuk jurusan Finance and Investment banking pada tahun 1995.

Indra Cahya Uno

Indra Uno

Menjabat sebagai Komisaris Perseroan sejak tahun 2014. Beliau juga memegang peranan penting di beberapa perusahaan diluar grup VIVA, yaitu sebagai komisaris di Saratoga Investama Sedaya dan sebagai Managing Partner di TPS Consulting Indonesia.

Pria yang hobi berolahraga ini sebelumnya pernah bekerja di Indonesian Aerospace Industries (1991-1999), Rio Tinto Indonesia (2000-2002), Matsuhita Gobel Electric Works Manufacturing (2002-2004), Matsuhita Gobel Education Foundation 2004-2006), Principia Management Group (2006-2008), dan ESQ Leadership Center (2006-2010).

Indra C. Uno memperoleh gelar Bachelor of Science in Aerospace Engineering dari The Wichita State University, School of Engineering pada 1989. Setahun kemudian beliau mendapat gelar Master of Science in Aerospace Engineering dari University of Michigan, Rackham Graduate School dan Master of Business Administration dari University of Southern California, Marshall School of Business pada tahun 2000. Tidak cukup sampai disitu, beliau pun melanjutkan pendidikannya hingga mencapai gelar Doctor of Philosophy in Strategic Management dari University of Indonesia, Graduate School of Management, Faculty of Economics.

Indra Cahya Uno

Dewan Direksi

Ahmad Zulfikar Said

Ahmad Zulfikar Said

Career Description

Ahmad Zulfikar Said, pria kelahiran Jakarta, 14 April 1976 ini berhasil meraih gelar Master of Science in Finance and Financial Services saat menyelesaikan pendidikannya di University of New Haven, Connecticut USA pada Januari 2000 silam.

Mengawali karirnya sebagai Management Trainee di PT. Bak Danamon Indonesia Tbk dan mulai bergabung di Kelompok Usaha Bakrie pada awal tahun 2005. Kemudian beliau pernah menjabat sebagai Finance Director di PT. Lativi Mediakarya (tvOne) sejak tahun 2009 hingga Juni 2011.

Beliau bergabung di PT. Cakrawala Andalas Televisi (ANTV) sejak Desember 2013 dan mejabat sebagai Chief Financial & Technical Officer. Mulai November 2019 diangkat menjadi Presiden Direktur ANTV.

Otis Hahijary

Otis Hahijary

Career Description

Menjabat sebagai Direktur VIVA sejak tahun 2011. Beliau pernah menjabat beberapa posisi penting antara lain sebagai Direktur Programming PT Cakrawala Andalas Televisi sejak tahun 2009 hingga Mei 2012 dan sebagai Direktur Programming PT Lativi Media Karya sejak tahun 2007 hingga tahun 2011. Saat ini beliau juga menjabat sebagai Chief Programming di ANTV dan tvOne.

Otis Hahijary memperoleh gelar Master of Arts di bidang Management dari San Diego State University, pada tahun 1995 dan Master of Science di bidang Finance dari Lancaster University, Inggris untuk jurusan Finance pada tahun 1996.

H. Azkarmin Zaini

H. Azkarmin Zaini

Career Description

Bekerja di ANTV sejak awal berdiri Maret 1993 sebagai Pemimpin Redaksi (berita dan olah raga) hingga Maret 2011. Beliau menjabat sebagai Direktur Perseroan sejak Maret 2002-Oktober 2005, sebagai Komisaris Oktober 2005-Januari 2008 dan kembali menjabat Direktur pada Februari 2008 hingga sekarang, H. Azkarmin Zaini mulai meniti karir sebagai wartawan sejak 1968 di harian Warta Harian Jakarta mulai reporter, redaktur sampai Wakil Pemimpin Redaksi hingga 1970.

Selanjutnya selama 20 tahun di Harian Kompas sebagai reporter, redaktur hingga redaktur senior/Sekretaris Redaksi. Selama di Kompas, beliau juga merangkap jabatan sebagai direktur dan komisaris beberapa usaha penerbitan di dalam Grup Kompas-Gramedia seperti di penerbit majalah Hai (Jakarta), Sriwijaya Pos (Palembang), Serambi Indonesia (Banda Aceh). Sebelum di ANTV, beliau menjabat Direktur sekaligus Pemimpin Redaksi Harian Pelita 1991-1993.

Ekstension Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Senior Management Team

Senior Management Team

Dari kiri ke kanan: Rizki Satria Indrawan, Wahyu Adhi Bintoro, Gracia Xenia, Johan Honggowarsito, Kiki Zulkarnain, Monica Desideria, Esfandry Ferdinal Syaiful, Antonius Kelly Da Cunha.

Awards

Awards

Baru menginjak satu tahun mengudara, ANTV sudah mendapat kepercayaan untuk menjadi House Broadcast untuk event Thomas dan Uber Cup tahun 1994 di Senayan Jakarta, sebuah prestasi ANTV menjadi penyelenggara siaran yang hasil liputannya didistribusikan ke stasiun-stasiun TV internasional, bahkan setiap tahunnya ANTV selalu berhasil meraih sejumlah penghargaan baik tingkat nasional maupun internasional. Didukung dengan individu yang handal dan professional serta teknologi yang memadai membuat ANTV selalu menjadi stasiun televisi yang membanggakan. Berikut adalah penghargaan-penghargaan yang diraih oleh ANTV.

2019

  1. KPID DKI Jakarta Awards 2019 – ANTV sebagai Lembaga Penyiaran terbaik berdasarkan hasil Monitoring dan Evaluasi.
  2. ANTV sebagai HR Excellence Award 2019 pada Majalah SWA dan LM-FEUI kategori Learning & Development Strategy.
  3. 14th Employer Branding Award kategori Indonesia – Best Employer Brand Awards 2019 yang diselenggarakan oleh World HRD Congress dan STAR Group.

Stasiun Pemancar

ANTV Memiliki Sistem Jaringan Dengan Induk Jaringan Yang Berada di Jakarta. Dalam Jaringan Ini, ANTV Didukung Oleh 44 Stasiun Transmisi Sedangkan Keseluruhannya Menjangkau Lebih Dari 160 Kota & Kabupaten Di Indonesia Dengan Lebih Dari 146 Juta Penduduk.

FTA VIA SATELIT
SATELIT TELKOM 3S (118 E) | FREQUENCY: 3539 Mhz | POLARASI: Horizontal | SYMBOL RATE: 6000 Msym/s | FEC: 3/4 | VIDEO PID: 259 | AUDIO PID: 258 | MPEG-2 DVB-S 4:2:0

Sumber Daya

Sumber Daya Manusia (SDM) yang produktif merupakan aset yang utama dan vital bagi ANTV. Melalui SDM yang produktif akan lahir ide-ide yang kreatif dan mempunyai nilai jual yang tinggi, oleh karena itu ANTV terus meningkatkan kemampuan tenaga professional, dengan memberikan kesempatan berupa program pelatihan kebutuhan karyawan baik melalui In - House Training maupun Out - House Training serta penghargaan bagi karyawan-karyawan yang berprestasi.


Budaya kerja yang diciptakan ANTV dengan itikad baik dan kerjasama yang tulus antar karyawan serta diikuti dengan komitmen yang tinggi untuk menjadi yang terbaik, ANTV dapat tampil sebagai perusahaan media televisi yang diminati masyarakat.