Saat Alia Bhatt Memerankan Seorang PSK Jadi Walikota di Film Gangubai Kathiawadi

Alia Bhatt Memerankan Seorang PSK Jadi Walikota
Alia Bhatt Memerankan Seorang PSK Jadi Walikota (Foto : Tangkap Layar)

Antv – Pekerja seks komersial (PSK), umumnya identik dengan perempuan, seperti halnya peran yang dimainkan aktris Bollywood Alia Bhatt di film Gangubai Kathiawadi, yang dirilis 25 Februari 2022.

Film Gangubai Kathiawadi berkisah tentang seorang perempuan pekerja seks komerisial yang diperankan oleh Alia Bhatt, yang sukses menjadi walikota di India.

Film Gangubai Kathiawadi adalah film berbahasa Hindi atau film Bollywood yang diproduksi oleh Bhansali Production di bawah arahan sutradara Sanjaya Leela Bhansali.

Bintang utama film Gangubai Kathiawadi adalah Alia Bhatt yang berperan sebagai Ganga Jagjivandas atau Gangubai Kathiawadi.

Selain Alia Bhatt, aktor Ajay Devgn dan pendatang baru Shantanu Maheshwari juga membintangi film Gangubai Kathiawadi.

Film Gangubai Kathiawadi dibuka dengan cerita seorang gadis bernama Ganga Jagjivandas yang dibawa pergi ke Bombay (Mumbai) oleh kekasihnya, Ramnik.

Ganga diiming-imingi oleh Ramnik akan menjadi seorang aktris seperti yang diimpikan oleh Ganga.

Sesampainya di Bombay Ganga dibawa ke rumah seorang perempuan bernama Sheela yang diakui Ramnik sebagai bibinya. Namun kenyataannya Sheela ternyata adalah seorang mucikari atau germo.

Ganga yang polos pun hanya menuruti meski dia mengatakan tidak menyukai rumah Sheela yang kotor.

Setelah bertemu dengan Sheela, Ramnik pun menyerahkan Ganga dan menukarnya dengan uang.

Mengetahui dirinya dijual oleh kekasihnya, Ganga merasa hancur.

Pada suatu waktu, Sheela ditemukan meninggal dunia dalam keadaan terbaring bersama tumpukan uang hasil bisnis haramnya.

Pasca kematian Sheela, Ganga semakin eksis mengambil alih kepemimpinan di rumah bordir milik Sheela.

Untuk mengawal rumah bordirnya, Ganga kemudian mengubah namanya menjadi Gangubai Kathiawadi karena dia merasa tidak pantas lagi memakai nama Ganga yang suci. Sedangkan jati dirinya sangat hina.

Ganga yang berubah nama menjadi Gangubai Kathiawadi lantas mengembangkan bisnis rumah bordir tersebut dengan caranya sendiri.

Dia tidak keji terhadap para perempuan-perempuan yang bekerja untuknya, tidak seperti Sheela.

Eksistensi Gangubai Kathiawadi makin hari makin meningkat dan dikenal sangat bijaksana oleh masyarakat Kamathipura.

Gangubai Kathiawadi sangat dihormati masyarakat Kamathipura walaupun dia adalah seorang pekerja seks komersial.

Berkat ekstensinya tersebut, ketika Gangubai Kathiawadi ikut serta dalam pemilihan kepala daerah melawan Raziabai, dia berhasil menang.

Gangubai Kathiawadi menjadi walikota dan semenjak dipimpin oleh Gangubai Kathiawadi, kota Kamathipura menjadi kota yang lebih terurus dan bercahaya. Berbeda dengan era kepemimpinan Raziabai sebelumnya yang sangat kumuh dan tidak teratur.

Gangubai Kathiawadia juga membuat para lelaki menjadi lebih menghargai perempuan.

Bagi Gangubai Kathiawadi, meskipun dirinya dan para perempuan pekerja seks Kamathipura adalah kaum yang hina, mereka tetap harus mendapatkan hak yang sama dengan masyarakat lainnya yaitu dihormati dan dihargai.



Secara keseluruhan film Gangubai Kathiawadiai adalah film epic seorang Sanjaya Leela Bhansali yang nyaris selalu berhasil membuat karya film yang memukau.