Pengadilan Tinggi Delhi Minta Twitter Ungkap Identitas Penyebar Konten Film 'Jawan' Shah Rukh Khan

Twitter Diminta Ungkap Penyebar Konten Film 'Jawan' Shah Rukh Khan
Twitter Diminta Ungkap Penyebar Konten Film 'Jawan' Shah Rukh Khan (Foto : Tangkap Layar)

AntvPengadilan Tinggi Delhi pada hari Rabu (17/5/2023), meminta Twitter untuk mengungkapkan informasi siapa saja yang diduga telah membagikan klip film 'Jawan' Shah Rukh Khan.

Pengguna yang dimaksud Delhi HC adalah pelanggan dasar, termasuk email, alamat IP dan nomor telepon, dari beberapa pengguna lainnya.

Pengadilan sebelumnya telah memerintahkan YouTube, Twitter dan Reddit untuk segera memblokir dan menghapus siaran tidak sah dari konten dan klip film tersebut.

Permintaan itu muncul setelah adanya gugatan dari produser film tersebut, Red Chillies Entertainments Pvt Ltd.

Diketahui, ada lima akun memposting beberapa materi yang melanggar di Twitter.

Atas hal itu, pengacara penggugat mengatakan bahwa mereka yang membocorkan hal ini memiliki akses ke sistem perusahaan dan meminta pengungkapan rincian pengguna akun tersebut.

"Pengadilan mengarahkan tergugat no 2 (Twitter) untuk memberikan informasi tentang akun-akun tersebut dengan terlebih dahulu memberikannya kepada kuasa hukum penggugat agar penggugat dapat mengambil tindakan yang tepat," perintah Hakim C Hari Shankar.

Pada bulan April, pengadilan telah menahan berbagai situs web nakal dan penyedia layanan internet untuk tidak menyalin, merekam, menampilkan atau merilis gambar, lagu, klip audio dan video yang berkaitan dengan "Jawan" tanpa lisensi.

Pengadilan juga telah mengarahkan YouTube, Twitter dan Reddit untuk segera memblokir dan menghapus semua konten dan klip yang melanggar yang dirujuk oleh rumah produksi.

Perintah sementara pengadilan datang atas permohonan dari rumah produksi yang berusaha untuk menahan berbagai situs web nakal dan ISP dan lainnya.

Mereka menyediakan platform di mana konten dapat diunggah di internet, agar tidak menyiarkan atau menayangkan bagian mana pun dari "Jawan", yang diproduksi oleh penggugat dan yang mengklaim hak cipta.

Penggugat menuduh bahwa klip dan gambar dari film tersebut telah tersedia di internet melalui berbagai platform, meskipun tidak ada lisensi, untuk menyiarkan atau mentransmisikan bagian mana pun dari film tersebut, yang hingga saat ini, diberikan oleh penggugat kepada entitas mana pun.

Film Jawan sendiri dijadwalkan akan dirilis di bioskop pada tanggal 7 September 2023.