Pathaan Ukir Sejarah, Inilah Biografi dan Perjalanan Karir Shah Rukh Khan di Bollywood

Biografi dan Perjalanan Karir Shah Rukh Khan di Bollywood
Biografi dan Perjalanan Karir Shah Rukh Khan di Bollywood (Foto : Kolase)

Antv – Superstar Shah Rukh Khan yang kini tengah mereguk sukses di film Pathaan, tak diragukan lagi soal popularitasnya di Bollywood. Ia mempunyai jutaan penggemar hingga ke seluruh dunia. 

Shah Rukh Khan (juga dikenal sebagai SRK) adalah seorang aktor, produser film, dan tokoh televisi Bollywood. Ia lahir pada tanggal 2 November 1965 di New Delhi, India.

SRK memulai karir aktingnya pada akhir tahun 1980-an dengan tampil di beberapa acara televisi seperti Fauji dan Circus. Ia memulai debut filmnya pada tahun 1992 dengan film Deewana, yang sukses secara komersial dan memberinya penghargaan Filmfare Award untuk Debut Pria Terbaik.

Selama bertahun-tahun, SRK telah muncul dalam berbagai film sukses seperti Dilwale Dulhania Le Jayenge (1995), Dil To Pagal Hai (1997), Kabhi Khushi Kabhie Gham (2001), Kal Ho Naa Ho (2003), My Name Is Khan (2010), Chennai Express (2013) dan Raees (2017). 

SRK dikenal dengan peran-peran karismatik dan romantisnya dalam film dan sering disebut sebagai "Raja Romantis" di Bollywood.

Selain berakting, SRK juga telah memproduksi beberapa film sukses melalui perusahaan produksinya, Red Chillies Entertainment. Ia juga menjadi pembawa acara di beberapa acara televisi, termasuk Kaun Banega Crorepati (versi India dari Who Wants to Be a Millionaire), dan muncul sebagai juri tamu di beberapa reality show.

SRK telah menerima berbagai penghargaan dan pengakuan atas karyanya di industri film India, termasuk empat belas Penghargaan Filmfare.