Rektor Universitas Taibah Madinah Kagumi Jemaah Haji Indonesia

rektor taibah 2
rektor taibah 2 (Foto : )

www.antvklik.com - Sikap jemaah haji Indonesia selama menjalankan ibadah haji di Arab Saudi mendapatkan apresiasi. Jemaah Indonesia dinilai sebagai jemaah haji yang taat aturan selama di Tanah Suci. "Melihat jemaah Indonesia berhaji seperti melihat Islam ada di sana. Jemaah haji Indonesia tidak melakukan gangguan. Apalagi muslim Indonesia adalah yang terbesar di dunia," kata Rektor Universitas Taibah Abdul Aziz bin Qublan Asharoni di Madinah, Senin (2/10).

Menurut Abdul Aziz, Pemerintah Arab Saudi sendiri dari tahun ke tahun terus melakukan perbaikan dalam melayani jemaah haji. Tidak hanya jemaah haji, tapi juga umrah. Contohnya adalah perluasan Masjidil Haram di Makkah yang saat ini sedang dilakukan.

"APBN telah dialokasikan banyak untuk menyukseskan haji dan umrah. Kita akan lihat perluasan besar-besaran bangunan untuk memudahkan jemaah haji dan umrah," katanya.

Secara khusus Abdul Aziz juga senang dengan keramahan masyarakat Indonesia yang sedang menjalankan ibadah haji. Sejak dulu, warga Arab Saudi senang dengan kedatangan jemaah dari Indonesia.

"Indonesia adalah muslim terbesar di dunia dan ini adalah potensi. Orang-orang Madinah mencintai Indonesia," katanya.

Kuota jemaah haji Indonesia tahun 2017 kembali normal menjadi 211 ribu. Bahkan, setelah Presiden Joko Widodo melakukan lobi khusus kepada pemerintah Arab Saudi, kuota ditambah 10 ribu. Sehingga total kuota tahun ini sebanyak 221 ribu.

Kuota tahun ini lebih banyak 52.200 jika dibanding empat tahun terakhir yang hanya 168.800. Sebab, sebelumnya ada pemotongan kuota sebesar 20 persen. Laporan Adam Muslih dari Madinah, Arab Saudi.