Kebakaran Lahan Gambut Nyaris Merembet ke Permukiman

Kebakaran Lahan Gambut
Kebakaran Lahan Gambut (Foto : )

Antvklik - Warga yang melihat api membesar segera bahu membahu berupaya memadamkan kebakaran. Warga juga meminta bantuan petugas pemadam kebakaran. Puluhan petugas pemadam dan BPBD Aceh Barat bersama anggota TNI dan polisi berjibaku memadamkan api yang makin berkobar pada Jumat malam (6/8/2019).

 

Petugas gabungan akhirnya berhasil menjinakan jilatan api dari lahan gambut tidak menyambar area permukiman warga

Warga menduga lahan gambut sengaja dibakar orang yang akan membuka lahan baru. Pasalnya, warga tidak melihat ada titik api pada siang hari di lahan gambut tersebut. Api tiba-tiba membesar pada malam hari.  Hingga kini petugas sedang melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab kebakaran lahan. 

Kebakaran hutan dan lahan juaga terjadi di wilayah kabupaten Tebo, Jambi, Jumat malam (6/9/2019). Sedikitnya,  dua hektar lahan sawit dan karet milik warga  hangus terbakar . Sebanyak dua mobil pemadam dan tim BPBD datang untuk memadamkan api. namun kobaran api sulit dipadamkan karena sulitnya medan dan gelapnya malam. Api bari berhasil  dipadamkan satu jam kemudian. Api kebakaran diduga bermula dari pembakaran sampah di sekitar kebun sawit. Chaidir Azhar| Ace Barat | Arizal Anthoni| Jambi