Anniversary Cup 2018: Indonesia U-23 (0-0) Uzbekistan U-23

Luis Milla
Luis Milla (Foto : )

Tim Nasional Indonesia U-23 menjalani matchday terakhir kontra Timnas Uzbekistan U-23 dalam ajang Anniversary Cup 2018, yang bertanding di Stadion Pakansari, Bogor (03/05/2018). Tim Garuda yang belum pernah menang di ajang ini, tampil agresif sejak kick off.

Di laga ini striker Ilija Spasojevic hanya duduk di bangku cadangan. Petaka untuk Indonesia sudah datang di lima menit awal laga. Kiper Andrytani Ardhiyasa harus keluar lapangan karena cidera akibat menahan tembakan pemain Uzbekistan yang mengenai wajah, dan posisinya langsung digantikan Awan Setho.

10 menit laga berjalan, Indonesia berpeluang menciptakan gol, namun tembakan Febri Hariyadi dari luar kotak penalty belum memenuhi sasaran. Menit ke-25 Tim Garuda kembali memiliki peluang untuk memimpin, jika saja umpan Febry Hariyadi bisa dikonversi menjadi gol oleh Lerby Eliandri. Lima menit kemudian giliran Uzbekistan yang mengancam, beruntung tembakan bebas Kenjabaev Islom berhasil diamankan kiper Awan Setho.

Peluang emas untuk Indonesia datang di menit ke-35, yang mendapat hadiah penalty setelah bola mengenai tangan Gofurov Husniddin di kotak terlarang. Namun eksekusi yang dilakukan Septian David Maulana masih bisa digagalkan kiper Ergashev Umidion.

Skor kacamata akhirnya menutup babak pertama Di awal babak kedua Uzbekistan memiliki peluang emas, namun tembakan Kenjabaev masih membentur mistar gawang Awan Setho. Indonesia melakukan pergantian pemain di 10 menit akhir pertandingan, di mana Septian David Maulana digantikan Evan Dimas untuk menambah daya gempur Tim Garuda.

Tiga menit jelang bubar, giliran Evan Dimas yang memiliki peluang emas, lolos dari pengawalan lini belakang Uzbekistan, namun tembakannya masih melambung di atas gawang Uzbekistan. Alhasil hingga wasit Luk Kin Sun meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, skor 0-0 tetap bertahan.

Dengan hasil ini Indonesia berada di posisi tiga perolehan klasemen dengan 2 poin, hasil dua kali imbang dan sekali kalah. Sementara Bahrain berhasil menjadi juara dengan koleksi 7 poin, disusul Uzbekistan dengan 3 poin, dan Korea Utara ada di posisi buncit.