Kenalkan Erlotinib, Kalbe Buat Inovasi Obat Kanker Paru Generik Pertama Karya Anak Bangsa

Kalbe kenalkan Erlotinib, obat kanker paru generik dalam negeri
Kalbe kenalkan Erlotinib, obat kanker paru generik dalam negeri (Foto : Dokumentasi)

Antv – PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) berkomitmen mengedukasi masyarakat terkait kanker di Indonesia bertepatan dengan peringatan World No Tobacco Day 2023.

Kalbe berfokus pada fakta bahwa merokok erat kaitannya dengan kejadian kanker paru. Sebab, perokok memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap kejadian kanker paru, dibandingkan mereka yang tidak merokok.

“Berdasarkan data GLOBOCAN (Global Cancer Observatory), kanker paru merupakan jenis kanker terbanyak ketiga di Indonesia dan penyebab nomor satu kematian akibat kanker. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kanker paru-paru merupakan jenis kanker yang paling erat kaitannya dengan merokok, sehingga PT Kalbe Farma Tbk ingin berkontribusi dalam menyebarkan kesadaran masyarakat melalui aktivitas di World No Tobacco Day,” ujar Presiden Direktur PT Global Onkolab Farma, a Kalbe Company, dr. Selvinna, M.Biomed pada awak media pada Rabu, 31 Mei 2023.

“Orang yang merokok memiliki risiko 15–30 kali lebih tinggi terkena kanker paru atau meninggal akibat kanker tersebut, dibandingkan orang yang tidak merokok,” tambah Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri PDPI (Perhimpunan Dokter Paru Indonesia), dr. Sita Laksmi Andarini, Ph.D, Sp.P (K).

Lebih lanjut, dr. Sita menjelaskan bahwa gejala kanker paru sering kali tidak tampak pada stadium awal, karena tanda-tandanya mirip dengan penyakit umum lainnya, seperti TBC (tuberculosis) ataupun dampak dari kebiasaan merokok jangka panjang. 

Oleh sebab itu, tidak sedikit pasien yang datang ke dokter dengan kondisi kanker paru yang sudah berada pada stadium lanjut.

Fakta lainnya, terdapat lebih dari 80 persen kanker paru merupakan tipe kanker paru bukan sel kecil (non small cell lung cancer atau NSCLC).