Menteri Kesehatan Beberkan Strategi Atasi TBC: Target 90 Persen Tahun 2024

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi.
Menteri Kesehatan, Budi Gunadi. (Foto : YouTube ANTV News Plus)

Antv – Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan berkomitmen mengatasi masalah TBC. Terdeteksi ada 717 ribu kasus baru TBC sepanjang tahun 2022.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi menerangkan data TBC atau Tuberkulosis terbaru.

“Diperkirakan terdapat 969 ribu kasus baru TBC di Indonesia,” jelas Menteri Kesehatan, Budi Gunadi di acara Webinar Nasional bertema ‘Implementasi Toss TBC dalam Berbagai Sektor Sebagai Upaya Percepatan Eliminasi TBC’, Senin (20/3/2023) yang disenggarakan oleh Bakrie Center Foundation.

Lebih lanjut, Budi menerangkan sepanjang tahun 2022 program Active Case Finding (ACF) telah mendeteksi sebanyak 74 persen atau 717 ribu kasus baru TBC.

Angka ini capaian tertinggi dalam 5 tahun terakhir. Pemerintah berkomitmen mengatasi peningkatan penemuan kasus baru dengan target 90 persen tahun 2024.

“Dalam Mencapai eliminasi 2023, Kemenkes menyusun strategi eliminasi TBC mulai dari pencegahan dengan pemberian imunisasi dan penyuluhan penyegahan TBC, penyediaan sarana diagnosis TBC, dan promosi kesehatan,” jelas Budi Gunadi.

Untuk mencapai target tersebut diperlukan kolaborasi antara pemangku kepentingan dan berbagai lapisan masyarakat termasuk peneliti.