Pemprov DKI Jakarta, Jawa Barat dan Bekasi Akan Bangun MRT

Jawa Barat dan DKI sepakat akan Bangun MRT
Jawa Barat dan DKI sepakat akan Bangun MRT (Foto : Dinas Kominfotik Pemprov DKI Jakarta)

Antv – Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama oleh Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Plt. Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, pada Jumat (17/2/2023).

Kejasama ini sengaja dilakukan untuk memberikan peningkatan layanan angkutan umum massal perkotaan yang aman, nyaman, handal, dan terjangkau tidak hanya di Jakarta, tapi juga di wilayah penyangga (Bodetabek).

Ketiga pihak  berkomitmen menyediakan angkutan umum massal perkotaan yang aman, nyaman, handal dan terjangkau.

Diharapkan ha ini akan memberi kontribusi pada pertumbuhan ekonomi di kawasan perkotaan Jabodetabek.

Pj. Gubernur  DKI Heru menyebut pembangunan MRT yang akan dimulai tahun 2024 ini punya dampak positif secara tidak langsung, yaitu mengubah kebiasaan masyarakat lebih disiplin dengan waktu.

“Kalau ini sudah berjalan, maka (dapat) mengubah karakter orang (sehingga) akan mengubah pula habitatnya, bagaimana cara bertransportasi, mungkin cara disiplinnya. Lihat MRT jam berapa awal berjalan, berarti dia harus disiplin. Dan kedisiplinan terbentuk secara alami.” terang Pj. Gubernur Heru.

Kemudian Pj. Gubernur DKI  meminta kesediaan masyarakat Bekasi dan Jawa Barat untuk mendukung program transportasi massal ini ke depan. Karena untuk membangun transportasi umum massal di Jakarta tidak bisa dilakukan Pemprov DKI sendiri.