Presiden Turki Menerima Kunjungan Resmi Perdana Menteri Malaysia

Presiden Erdogan menerima PM Malaysia Anwar di Ankara, Turkiye
Presiden Erdogan menerima PM Malaysia Anwar di Ankara, Turkiye (Foto : Mustafa Kamaci/Anadolu Agency)

Antv – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Rabu (15/2) menerima kunjungan resmi Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Anwar Ibrahim di ibukota Ankara untuk menyampaikan solidaritas kepada rakyat Turki terkait gempa yang menimpa negara itu minggu lalu.

Seperti dilansir Anadolu Agency, Erdogan dan Anwar melakukan pertemuan tertutup di kompleks kepresidenan, menurut kantor kepresidenan Turki. 

Diikutip dari laman Bernama.com, Perdana Menteri Anwar Ibrahim bertemu dengan Presiden Recep Tayyip erdogan untuk menyampaikan belasungkawa serta rasa simpati untuk para korban.

Selain itu, Anwar juga menyerahkan dana bantuan rakyat Malaysia sebesar RM 30 juta (sekitar Rp 104 Miliar) untuk penanggulangan bencana Turkiye

Menurut Anwar, kunjungan ini dilakukan atas dasar persahabatan serta atas undangan Erdogan sebanyak dua kali, yang katanya telah mengontak dirinya sebelumnya soal bantuan. 

"Seperti diketahui, sedikitnya 35.418 orang tewas di Turki akibat dua gempa kuat yang mengguncang selatan negara itu pada 6 Februari," kata Presiden Recep Tayyip Erdogan pada Selasa.

Gempa berkekuatan M 7,7 dan 7,6 minggu lalu berpusat di Kahramanmaras dan juga berdampak pada sembilan provinsi lainnya – Hatay, Gaziantep, Adiyaman, Malatya, Adana, Diyarbakir, Kilis, Osmaniye, dan Sanliurfa.