Ini Dia! Dalang Perampokan Rumah Perwira Polda Lampung

Ali Hendra, Dalang Perampokan Rumah Perwira Polisi
Ali Hendra, Dalang Perampokan Rumah Perwira Polisi (Foto : Pujiansyah)

Antv – Dalang atau otak pelaku pembobolan rumah perwira Polda Lampung, Kompol Zulkarnaen yang berada di Jalan Ratu Dibalau, Gang Damai, Kecamatan Tanjung Senang, Kota Bandar Lampung, pada 22 Oktober 2022 lalu akhirnya terungkap.

Pelaku yakni Ali Hendra (35thn), merupakan anak tiri Kompol Zulkarnaen ditangkap Satreskrim Polresta Bandar Lampung di lokasi persembunyiannya di wilayah Palembang, Sumatera Selatan. Ia ditangkap setelah polisi mendapat pengakuan dari dua orang tersangka yang lebih yakni Febri Eka Satya Alias Ari (44thn) dan Ahmad Hanafi (29thn) pada akhir Januari 2023 lalu.

"Pencurian ini sudah direncanakan. Kita sudah mengungkap dimana salah satu keluarga korban yakni anak tirinya untuk menyuruh para pelaku lainnya untuk mencuri di rumah tersebut. Nanti hasilnya dibagi rata," kata Kasatreskrim Polresta Bandar Lampung, Kompol Dennis Arya Putra, Jumat (10/2/2023).

Kompol Denis mengungkapkan, tersangka Ali Hendra menugaskan empat orang pelaku untuk mencuri barang berharga dan sejumlah dokumen penting lainnya yang tersimpan di dalam lemari brankas milik korban.

Rencana pencurian itu dilakukan para tersangka saat kondisi rumah dalam keadaan sepi, karena ditinggal korban beserta keluarganya bepergian. Tiga orang tersangka bernama Johar, Jaya Saputra, serta Ari ditugaskan masuk kedalam rumah korban dan menguras berharga yang tersimpan di dalam kamar tidur korban. Sementara satu tersangka lainnya bertugas mengamati situasi di luar rumah dengan menggunakan sebuah mobil.

"Motif pembobolan rumah tersebut karena merasa pembagian harta warisan tidak rata. Karena dia merasa tidak adil atas pemberian harta hingga akhirnya merencanakan aksi itu," ungkapnya.

Kompol Denis menjelaskan, terungkapnya kasus ini setelah dua orang pelaku berhasil diamankan di Polres Cirebon, Jawa Barat. Lalu, dikembangkan dan mengamankan tiga pelaku lainnya di wilayah hukum Polresta Bandar Lampung, termasuk dalang pencurian.