Aksi Protes di Depan KPK Soal Proses Laporan Indikasi Korupsi DJPL Tambang di Bintan

Demo LSM Kodat86 Bintan di KPK
Demo LSM Kodat86 Bintan di KPK (Foto : istimewa)

Antv – Sejumlah massa yang tergabung dalam Koalisi LSM Kota Batam - Kepri (Kepulauan Riau) menggelar aksi unjuk rasa di Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Rabu, 02 Februari 2023. 

Dalam aksinya, mereka mendesak agar KPK segera memproses laporan kasus dugaan penyelewengan anggaran Dana Jaminan Pengembalian Lingkungan (DJPL) pascatambang di Kabupaten Bintan, Riau pada periode 2010-2016.

Desakan tersebut disuarakan koordinator aksi, Cak Ta'in Komari (Ketua LSM Kodat86 Bintan) dan Syahrial Lubis (warga Kepulauan Riau). Keduanya diketahui melaporkan kasus tersebut ke KPK pada 9 Desember 2022 lalu. 

"Mendesak KPK untuk memproses Laporan DJLP pascatambang di Kabupaten Bintan tahun 2010-2016. karena unsur-unsur tindak pidana korupsinya jelas dan nyata terhadap Pasal 2, Pasal 3, Pasal 8, dan Pasal 9 UU pemberantasan korupsi," ujar Cak Ta'in. 

Menurutnya, kasus ini tidak terlepas dari peran mantan Bupati Bintan yang kini menjabat Gubernur Provinsi Kepulauan Riau yakni Ansar Ahmad.

Ansar, lanjut Cak Ta'in, diduga menyalahgunakan wewenang dan kekuasaan terhadap DJPL dengan menarik simpanan DJPL di PD. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Bintan.