Reshuffle Kabinet. Menteri Bahlil: Saya Urusin Investasi

Bahlil tanggapi isu reshuffle
Bahlil tanggapi isu reshuffle (Foto : Putra Dwi Laksana/ANTV)

Antv – Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menyatakan tidak mengetahui terkait rencana Presiden Joko Widodo akan melakukan perombakan atau reshuffle menteri Kabinet Indonesia Maju, yang santer dikabarkan akan diumumkan pada hari Rabu esok. Menurut Bahlil, dirinya hanya fokus memikirkan pada peningkatan nilai investasi di Indonesia.

“Saya malah enggak tahu ada isu reshuffle. Saya malah enggak tau karena saya menterinya urusin investasi tiap hari mikirin investasi, sampai isu-isu itu saya enggak dengar," kata Bahlil di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (31/1/2023).

Bahlil yang juga mantan sopir angkot ini pun enggan menilai kinerja para menteri lainnya. Dia bahkan menganalogikan para menteri selayaknya supir angkot yang bekerja pada bosnya.

"Bapak presiden itu kan adalah komandan. Kami menteri ini adalah pembantu. Yang namanya pembantu pasti ada penilaian dari bosnya dan yang tahu menilai siapa nilai berapa, nilai berapa itu hanya bos aja bapak presiden. Kami sesama sopir angkot enggak boleh saling mendahului, dan gak boleh saling menilai," ujarnya.

Bahlil mengungkapkan dirinya juga tidak mengetahui gelagat Presiden Jokowi akan melakukan reshuffle kabinet. Menurutnya, sulit membaca pikiran Jokowi terkait penilaian untuk para menteri. Dia pun pun menegaskan tidak tahu apa-apa terkait isu perombakan kabinet.

"Kalau orang Papua marah kelihatan mukanya. Kalau orang Jawa Solo ini kan marah dengan tidak marah, sama saja. Jadi saya pun susah untuk menebak," pungkasnya.

Sebelumnya beredar kabar Presiden Jokowi akan melakukan reshuffle kabinet pada 1 Februari 2023. Hal itu tidak lepas dari penanggalan Jawa Rabu Pon, yakni hari dimana Presiden Jokowi kerap melakukan perombakan kabinet.