Menteri BUMN Erick Thohir Minta BUMN Sukseskan KTT G20

Menteri BUMN Erick Thohir Minta BUMN Sukseskan KTT G20
Menteri BUMN Erick Thohir Minta BUMN Sukseskan KTT G20 (Foto : Dok. Kementerian BUMN)

Antv – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan kesiapan pihaknya dalam menyukseskan perhelatan KTT G20. Dalam kunjungannya di Bali, Erick juga telah menyampaikan laporan kesiapan BUMN kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

"Kita bersama-sama Bapak Presiden sudah mengecek sejumlah venue yang akan menjadi lokasi KTT G20. InsyaAllah semua sudah siap dalam menjamu tamu-tamu dari negara lain," ujar Erick di Nusa Dua, Bali, seperti dikutip dari rri.co.id, Rabu (9/11/2022). 

Erick menyebut, dirinya juga telah meminta sejumlah BUMN yang terlibat untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin dalam menyukseskan G20. BUMN, kata Erick, mendapat tiga peran penting selama KTT G20.

Yaitu meliputi logistik dan infrastruktur, komunikasi dan media, serta asistensi dan kemitraan. Erick mengatakan sejumlah BUMN telah bersinergi dalam menyiapkan unit bus dan motor listrik, hingga stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU).

Diantaranya INKA (Industri Kereta Api), PLN (Perusahaan Listrik Negara), Wijaya Karya, dan Pertamina. Hal tersebut selaras dengan salah satu topik G20 yakni transisi energi berkelanjutan dengan mendukung terciptanya ekosistem kendaraan listrik. 

"Saya juga tadi berpesan kepada PLN, Angkasa Pura I, Telkom, dan InJourney untuk memastikan pelayanan terbaik. Mulai dari bandara, konektivitas jaringan internet, hotel, dan keandalan pasokan listrik," ucap Erick.

Erick menilai, KTT G20 menjadi momentum bagi Indonesia dan dunia dalam membangun dunia yang lebih baik. Erick mengatakan, BUMN juga telah melakukan sejumlah inisiatif melalui pertemuan tokoh agama (R20) dan Music 20 (M20).