Erick Thohir: BUMN Dorong Ekosistem Digital Juga Majukan Kreator dan Konten Lokal

BUMN Dorong Ekosistem Digital Juga Majukan Kreator dan Konten Lokal
BUMN Dorong Ekosistem Digital Juga Majukan Kreator dan Konten Lokal (Foto : Tangkap Layar)

Antv – Menteri BUMN Erick Thohir mendorong kemajuan ekosistem digital di Tanah Air juga dibarengi dengan upaya mengembangkan atau memajukan kreator maupun konten-konten lokal.

"Keberpihakan tersebut bukan lantas mematikan konten atau memusuhi konten asing yang masuk ke Indonesia," kata Menteri BUMN Erick Thohir melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (31/10/2022).

Hal itu ia sampaikan melihat ekosistem digital khususnya industri games dan e-sport yang sudah dibangun oleh Telkomsel selama ini.

Erick mengatakan Indonesia sudah menganut ekonomi terbuka namun harus diseimbangkan. Sebab, jangan sampai bangsa Indonesia hanya sebagai konsumen dari kreator atau konten asing.

Sejatinya, sambung dia, Indonesia sudah mampu memproduksi konten lokal. Sebagai contoh dari lima film buatan anak bangsa setidaknya sudah ditonton 27,1 juta orang. Jumlah tersebut tentu saja di atas film Hollywood yang jumlahnya 22,1 juta penonton.

Dengan jumlah penonton yang signifikan tersebut bangsa Indonesia dapat bersaing dalam membuat konten-konten yang berkualitas dan bisa ditonton oleh masyarakat luas.

Pemerintah melalui Kementerian BUMN juga terus mendorong tumbuhnya konten-konten lokal yang berkualitas. Hal itu diwujudkan dengan upaya memberikan penghargaan kepada musik dangdut di Indonesia.