Angkatan Laut Beri Kado Spesial di HUT TNI Ke-77

Angkatan Laut Beri Kado Spesial di HUT TNI Ke-77
Angkatan Laut Beri Kado Spesial di HUT TNI Ke-77 (Foto : Istimewa (Fatmawati))

AntvTentara Nasional Indonesia (TNI) merayakan hari ulang tahun yang ke-77 pada tanggal 5 Oktober 2022. Perayaan HUT TNI ini dilakukan di beberapa tempat termasuk upacara peringatan di Istana Merdeka yang dipimpin langsung oleh presiden Joko Widodo pada pagi hari. 

Untuk memeriahkan HUT TNI ke-77, TNI Angkatan Laut memberikan sebuah kado spesial yaitu sebuah atraksi water trappen atau menginjak air. Aksi ini dilakukan oleh 8.877 peserta di 77 titik di seluruh Indoesia. Para peserta yang terdiri dari anggota TNI AL sendiri dan Polri ini menggunakan topi renang dengan nuansa merah putih dan membentuk formasi tulisan HUT TNI ke-77. Untuk wilayah Jakarta sendiri, peserta water trappen di Pantai Mutiara sebanyak 1.750 peserta. 

 

Dalam rangkaian acara tersebut, Dankomar TNI AL Mayjen Widodo Dwi Purnomo mengatakan bahwa water trappen adalah salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh para prajurit TNI AL.

 

“Water trappen itu salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh semua prajurit angkatan laut, itu harus menjadi basic. Logikanya begini seorang prajurit angkatan laut yang anak buah kapal NKRI dia berlayar ke lautan, kemudian terjadi kedaruratan paling buruk apa? Kapal tenggelam, sambil menunggu bantuan harus mempertahankan diri di laut kemampuan water trappen menjadi keahlian” ucap Widodo.