KPID DKI Jakarta: Masyarakat Jakarta Siap Siaran TV Digital

Konferensi Pers KPID DKI Jakarta
Konferensi Pers KPID DKI Jakarta (Foto : )

Antv – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) wilayah Jakarta menyelenggarakan monitoring dan evaluasi (MONEV) kesiapan masyarakat DKI Jakarta menyambut penyiaran TV Digital 2022. Tujuan diadakannya acara ini yaitu untuk melihat gambaran dan peta kesiapan masyarakat DKI Jakarta dalam menyongsong penghentian siaran analog (Analog Switch Off/ ASO) terutama untuk wilayah layanan DKI Jakarta dan secara umum di sistem penyiaran nasional.

Berdasarkan hasil Monev, tim peneliti menggambarkan ada 4 aspek yang menjadi sorotan utama dalam kegiatan monev ini. Pertama adalah perilaku masyarakat DKI Jakarta dalam menonton siaran televisi. Kedua, adalah tentang aspek pengetahuan responden mengenai siaran digital. Ketiga, adalah tentang aspek sikap responden mengenai siaran digital. Aspek keempat adalah tentang kesiapan masyarakat DKI Jakarta menuju penghentian siaran analog atau Analog Switch Off (ASO).

Hasil Monitoring dan Evaluasi terhadap kesiapan masyarakat akan penyiaran televisi digital dapat menunjukan bahwa masyarakat secara keseluruhan mengetahui akan adanya siaran televisi digital, dan menyatakan kesiapan menuju ke Analog Switch Off (ASO) dan memasuki era penyiaran digital. Didapatkan hasil bahwa 58 persen masyarakat DKI Jakarta memiliki kesiapan untuk menonton siaran televisi digital.

Koordinator Program Monev serta PIC Kegiatan ASO untuk wilayah Jakarta Th. Bambang Pamungkas,.M.I.Kom mengatakan hasil monev yang telah dilakukan tersebut menggambarkan, bahwa dikondisi awal bulan Juni – Juli 2022 saat dilakukan pengambilan sampel dinilai masih rendah, yaitu di bawah 60%, dan diyakini saat ini tingkat kesiapan masyarakat di Jakarta menyambut ASO menuju penyiaran TV Digital terus mengalami peningkatan.