Hal-Hal yang Perlu Diketahui Tentang Pengobatan Cacar Monyet

Hal-Hal yang Perlu Diketahui Tentang Pengobatan Cacar Monyet
Hal-Hal yang Perlu Diketahui Tentang Pengobatan Cacar Monyet (Foto : )

 Wabah cacar monyet hingga saat ini terus berkembang di seluruh dunia. Banyak orang yang telah dikonfirmasi terkena virus tersebut dengan gejala yang ringan dan pulih tanpa perawatan khusus. "Di sebagian besar kasus, penyakit ini relatif ringan. 

Penyakit ini dapat merusak dan juga menjijikkan, tetapi mereka akan sembuh dengan sendirinya, meskipun mungkin perlu waktu," kata Dr. William Schaffner, seorang profesor kedokteran di Sekolah Kedokteran Universitas Vanderbilt dikutip dari CNN Internasional pada Senin, 22 Agustus 2022.

Sementara itu, FDA (Food and Drug Administration) Amerika Serikat belum menetapkan secara khusus soal terapi dan pengobatan cacar monyet. Namun, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat telah membuat obat antivirus tecovirimat. CDC mengatakan bahwa obat tersebut dapat dipertimbangkan untuk pasien cacar monyet yang memiliki penyakit bawaan dan berisiko terkena penyakit parah.

Data mengenai jumlah pasien cacar monyet yang termasuk dalam kategori ini masih terbatas. Tetapi Dr. Mary Foote, direktur medis Kantor Kesiapsiagaan dan Tanggapan di Departemen Kesehatan dan Kebersihan Kota New York mengatakan pekan lalu bahwa proporsi kasus cacar monyet yang parah di kota itu lebih tinggi dari yang diperkirakan.

Foote mengatakan bahwa penyedia di sana telah memulai pengobatan dengan tecovirimat untuk hampir 70 pasien dan jumlah kasus yang terkonfirmasi di kota tersebut telah mencapai 336 orang.

Vaksinasi Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengurangan Penyakit

Menurut CDC, cacar monyet dapat menyebar dari orang ke orang dengan cara yang berbeda, baik kontak secara langsung maupun tidak langsung. Kontak fisik langsung dapat terjadi jika terkena ruam kulit akibat infeksi cacar monyet dan sekresi pernapasan yang dapat menular selama tatap muka atau kontak fisik hubungan seksual.