4 Cara Penularan Cacar Monyet atau Monkeypox Menurut Para Ilmuwan

istockphoto-1407058659-612x612
istockphoto-1407058659-612x612 (Foto : )

Bagaimana faktanya? Berita tentang penyebaran atau penularan cacar monyet sudah banyak beredar di media sosial. Namun, seperti apa dan bagaimana fakta sebenarnya tentang cara penularan virus tersebut? Untuk mengetahui hal itu lebih dalam, berikut ANTVklik sajikan beberapa hal yang bisa menjadi penyebab penularan cacar monyet menurut para ilmuwan yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Menyebar melalui hubungan seksual sesama jenis

Sebelum wabah ini merebak hingga menjadi viral seperti sekarang, para peneliti berpikir bahwa virus monkeypox datang karena manusia yang kontak langsung dengan hewan. Namun, Titanji, asisten profesor di Emory University di Atlanta, menemukan fakta baru bahwa virus monkeypox atau MPXV juga bisa menyebar melalui hubungan seksual.

Fakta lebih mengejutkannya lagi, penyakit ini sebagian besar dilaporkan terinfeksi di antara pria yang berhubungan seks sesama jenis. "Kita tahu bahwa penularan seksual pada pria yang berhubungan seks dengan pria adalah mekanisme penyebaran yang penting dan berkontribusi signifikan terhadap wabah yang sedang berlangsung," kata dokter dan peneliti Dr. Boghuma Titanji, asisten profesor di Emory University di Atlanta.

Adapun menurut penilaian risiko European Centre for Disease Prevention and Control terbaru, kemungkinan MPXV menyebar lebih jauh di jaringan orang-orang dengan hubungan seksual ganda.

2. Kontak fisik dan cairan tubuh

Virus monkeypox dipastikan bisa tertular melalui cairan tubuh. Namun, untuk penularan lewat kontak kulit sendiri sejauh ini belum dikonfirmasi oleh peneliti.  Menurut yang dicatat oleh  Public Health Ontario dalam bukti singkat bulan Agustus, belum ada bukti yang jelas tentang sekresi genital sebagai "jalur penularan yang berbeda" di samping kontak langsung dan intim.