Rusia Terus Tingkatkan Serangan Jelang Peringatan 31 Tahun Kemerdekaan Ukraina

pasukan ukraina
pasukan ukraina (Foto : )

Seperti dikutip dari Reuters, tembakan arteleri menghujani Nikopol, sebuah kota dekat Zaporizhzhia lokasi tempat pembangkit nuklir tersbesar di Eropa. Sedangkan rudal juga menghantam wilayah dekat pelabuhan Laut Hitam Odesa selama akhir pekan kemarin.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy  memperigatkan kewaspadaan dengan menyebut Moskow merencanakan serangan yang buruk mendekati hari kemerdekaan Ukraina yang jatuh pada Rabu (24/8/2022).

Zelenskiy  mengatakan pihaknya telah membahas potensi serangan tersebut dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron. Selain itu, kabar tersebut juga dikirim ke pemimpin lain termasuk Presiden Turki Tayyip Erdogan dan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterre.

"Semua mitra Ukraina telah diberi tahu tentang apa yang tengah disiapkan oleh Rusia pada pekan ini,” sebut Zelenskiy dalam sebuah video pidato.

Rusia Tingkatkan Serangan

Rusia terus meningkatkan serangan menjelang peringatan hari kemerdekaan Ukraina. Para pejabat Ukraina menyebut lebih banyak serangan Rusia menyasar bagian Timur dan Selatan Ukraina.

Di wilayah Bakhmut timur, pasukan Rusia menimbulkan kerusakan dengan tembakan arteleri dan peluncur roket yang menhujani pemukiman Soledar, Zaytseve dan Bilogorivka seperti disebutkan Staf Umum Ukraina pada Senin. Rusia terus fokus membangun kontrol penuh atas wilayah Luhansk dan Donetsk, mempertahankan wilayah Kherson yang sudah berhasil direbut dan sebagian wilayah Kharkiv, Zaporizhzhia, dan Mykolaiv, tambah Staf Umum tersebut.