10 Makanan Terbaik untuk Menurunkan Darah Tinggi, Seledri sampai Berries

berries-1546125_960_720
berries-1546125_960_720 (Foto : )

Hipertensi, atau tekanan darah tinggi, adalah faktor risiko paling umum yang dapat dicegah untuk penyakit jantung. Sederet makanan ini dapat turunkan darah tinggi. Perubahan gaya hidup, modifikasi pola makan, dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah ke kisaran optimal dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Penelitian menunjukkan makanan tertentu, terutama yang tinggi nutrisi seperti kalium dan magnesium, dapat mengurangi tingkat tekanan darah. Berikut kami lansir dari lama Healthline pada Jumat, 19 Agustus 2022 sepuluh makanan terbaik untuk turunkan tekanan darah tinggi.

1. Buah jeruk. Buah jeruk, termasuk jeruk bali dan lemon, memiliki efek penurun tekanan darah yang kuat. Kaya dengan vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung, dapat mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi. Penelitian menunjukkan minum jus jeruk dapat membantu mengurangi tekanan darah. Namun, jus jeruk dan jeruk bali dapat mengganggu obat penurun tekanan darah yang umum, jadi konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan sebelum menambahkan buah ini ke dalam makanan.

2. Salmon dan ikan berlemak lainnya. Ikan berlemak adalah sumber lemak omega-3 yang sangat baik, yang memiliki manfaat kesehatan jantung yang signifikan. Lemak ini dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah dengan mengurangi peradangan serta menurunkan kadar senyawa penyekat pembuluh darah yang disebut oxylipins. Penelitian telah menghubungkan asupan yang lebih tinggi dari ikan berlemak kaya omega-3 untuk menurunkan tingkat tekanan darah.

3. Chard Swiss. Lobak Swiss adalah sayuran berdaun hijau yang dikemas dengan nutrisi pengatur tekanan darah, termasuk kalium dan magnesium. Satu cangkir (145 gram) lobak matang memberikan masing-masing 17% dan 30% dari kebutuhan kalium dan magnesium harian. Pada orang dengan tekanan darah tinggi, setiap peningkatan 0,6 gram per hari dalam diet kalium dikaitkan dengan penurunan SBP 1,0 mm Hg dan penurunan DBP 0,52 mm Hg. Satu cangkir (145 gram) lobak Swiss mengandung 792 mg nutrisi penting. Magnesium juga penting untuk pengaturan tekanan darah. Dapat membantu mengurangi tekanan darah melalui beberapa mekanisme, termasuk dengan bertindak sebagai penghambat saluran kalsium alami, yang menghalangi pergerakan kalsium ke dalam sel jantung dan arteri, memungkinkan pembuluh darah untuk rileks.

4. Biji labu. Biji labu sumber nutrisi terkonsentrasi yang penting untuk mengontrol tekanan darah, termasuk magnesium, potasium, dan arginin, asam amino yang dibutuhkan untuk produksi oksida nitrat, yang penting untuk relaksasi pembuluh darah dan pengurangan tekanan darah. Minyak biji labu juga telah terbukti menjadi obat alami yang ampuh untuk tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian pada 23 wanita menemukan bahwa suplemen dengan 3 gram minyak biji labu per hari selama 6 minggu menyebabkan penurunan SBP yang signifikan, dibandingkan dengan kelompok plasebo.

5. Kacang dan lentil. Kacang-kacangan dan lentil kaya akan nutrisi yang membantu mengatur tekanan darah, seperti serat, magnesium, dan potasium. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa makan kacang dan lentil dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah tinggi. Sebuah tinjauan dari 8 penelitian yang melibatkan 554 orang menunjukkan bahwa, ketika ditukar dengan makanan lain, kacang-kacangan dan lentil secara signifikan menurunkan SBP dan tingkat tekanan darah rata-rata pada orang dan tanpa hipertensi.