Perjuangan Bima Sakti Demi Miliki Ikatan Batin Bersama Timnas U-16 Berbuah Manis

Bima Sakti dan Punggawa Timnas Indonesi Punya Ikatan Batin Kuat
Bima Sakti dan Punggawa Timnas Indonesi Punya Ikatan Batin Kuat (Foto : )

Bima Sakti selaku pelatih Timnas Indonesia U-16 tampaknya memiliki ikatan kuat dengan anak asuhnya tersebut. Hal tersebut melahirkan kekompakan dan keselarasan dalam tim hingga membawa mereka menjuarai piala AFF U-16. Pelatih bernama lengkap Bima Sakti Tukiman tersebut memiliki ikatan batin kuat lantaran dirinya melakukan riset mendalam terhadap para pemain. Berbagai informasi latar belakang dan karakter kerap ia catat.

Hal tersebut berbuah manis dengan hasil yang menunjukan kedekatan dan membuat para pemain merasa nyaman serta termotivasi untuk mengeluarkan performa terbaiknya. Perjuangan Bima Sakti untuk melakukan riset memanglah tidak mudah. Pada saat melakukan pendalaman, dia bahkan mencatat semua progres dan informasi yang didapat.

“Ada bukunya, saya catat semua orangtua pemain, pekerjaannya apa, ada datanya, anak keberapa, background kedua orangtuanya, semua harus kita tahu,” kata Bima Sakti seperti dikutip dari kanal Youtube Sport 77 Official pada Jumat, 19 Agustus 2022. Bahkan, coach Bima sampai menyempatkan diri mendatangi rumah dan sekolah asal para pemain untuk mengorek informasi.

Uniknya, hal itu dilakukan tanpa sepengetahuan para pemain. “Tahun 2019, mereka lagi TC, kita berangkat bersama tim pelatih, kita ke Mojokerto, ke Surabaya, ke Tangerang, kita datang ke rumah pemain itu, pemainnya gak tahu, mereka lagi TC, sudah satu kilometer, saya kabarin ke orangtua pemain, ‘pak bu, kita mau datang,” tuturnya. “Saya datang ke sekolah juga, saya tanya gurunya, tanya temen-temennya juga, gimana perkembangan anaknya, mereka ada perubahan atau gak, katanya  ‘enggak, mereka tetap seperti biasa,” sambungnya. Selama di sekolah asal sang pemain, Bima Sakti mengorek informasi soal kehidupan pribadi dan spiritual.