Laos U-19 Tundukkan Thailand 2-0 Untuk Melaju ke Final Piala AFF U19 2022

Laos U-19 vs Thailand U-19 2-0 lolos ke final Piala AFF U-19 2022
Laos U-19 vs Thailand U-19 2-0 lolos ke final Piala AFF U-19 2022 (Foto : )
Laos U-19 tundukkan Thailand 2-0 untuk melaju ke final Piala AFF U19 2022. Juara Grup B Timnas Laos U-19 sukses menghentikan perlawanan Thailand 2-0 untuk memastikan tiket ke final Piala AFF U-19 2022.
Juara Grup B Timnas Laos U-19 menghadapi tantangan Thailand U-19 yang menjadi runner up Grup A Piala AFF U-192022. Pertandingan semi final antara Laos U-19 melawan Thailand U-19 diselenggarakan di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Rabu, 13 Juli 2022.Dalam pertandingan ini Timnas Laos U-19 berhasil mengalahkan Thailand dengan skor 2-0 pada babak semi final di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat.Du gol kemenangan Timnas Laos U-19 pada pertandingan ini dicetak oleh Peeter Phantavong pada babak pertama, dan gol kedua disumbangkan oleh Damoth Thongkhamsavath di babak kedua.Pencapaian menembus partai final ini merupakan sebuah sejarah baru bagi Timnas Laos U-19 setelah sebelumnya prestasi tertinggi yang mereka capai adalah menempati peringkat ketiga pada gelaran Piala AFF U-19 pada 2002, 2005 dan 2015.Selanjutnya Laos akan menghadapi Malaysia pada partai final Piala AFF yang akan digelar pada Jumat (15/7) mendatang di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi. Sedangkan Thailand akan kembali berhadapan seperti saat mereka bertarung di penyisihan Grup A dengan hasil akhir 1-1 pada laga penentuan peringkat tiga. 
Babak Pertama Laos U-19 vs Thailand U-19 Pesepak bola Timnas Laos U-19 melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Timnas Thailand U-19 dalam laga semifinal Piala AFF U19 2022. Timnas Laos U-19 menyegel tempat dipartai final Piala AFF U-19 untuk menghadapi Malaysia setelahPada babak pertama, Laos mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dengan mengandalkan pemain muda berbakat Peeter Phantavong. Sedangkan Thailand bermain menunggu dan berusaha mengancam gawang Laos dengan melalui skema serangan balik.Thailand lebih dulu memberikan ancaman kepada lini pertahan Laos, melalui upaya tendangan dari penyerang Nattakit Butsing. Akan tetapi bola tembakannya masih bisa ditepis oleh kiper Phounin Xayyasone yang menjaga gawang Laos.Serangan gencar para pemain Laos U-19 ke jantung pertahanan Thailand akhirnya membuahkan hasil. Laos mampu unggul lebih dulu pada menit 7 melalui tendangan keras penyerang muda berbakat Peeter Phantavong yang memanfaatkan kemelut di kotak penalti Thailand. Gol Peeter Phantavong merubah papan skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Laos.Kebobolan lebih dulu, membuat para pemain Thailand berusaha membalas dan meningkatkan serangannya untuk mencari gol penyeimbang. Para pemain Thailand terus menggempur lini pertahanan Laos, namun hingga turun minum, skor 1-0 untuk Laos U-19 tetap bertahan.  Babak Kedua Laos U-19 vs Thailand U-19 Memasuki babak kedua, para pemain Thailand langsung mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu untuk mencari gol penyeimbang. Namun hingga 15 menit babak kedua berjalan, belum ada serangan Thailand yang membuahkan hasil.Pelatih Laos Hans Michael Weiss memasukkan beberapa pemain untuk menambah tenaga segar di dalam tubuh timnya agar dapat tampil lebih baik untuk menghalau gempuran Thailand.Serangan gencar Thailand sempat hampir membuahkan gol penyeimbang namun tendangan gelandang Niphitpon Wongpanya masih dapat disapu oleh lini pertahanan Laos sehingga skor 1-0 masih bertahan sampai menit 80.Skema serangan balik kembali menjadi senjata mematikan Timnas Laos U-19 ke gawang Thailand. Serangan Laos lewat gelandang Damoth Thongkhamsavath pada menit 85 berhasil menjebol gawang Thailand untuk kedua kalinya. Gol Damoth Thongkhamsavath berhasil menambah keunggulan Laos U-19 menjadi 2-0 atas Thailand.Di sisa waktu babak kedua, Thailand yang tampil habis-habisan menggempur lini pertahanan Laos tidak  mampu menjebol gawang kipper Xayyasone sehingga skor 2-0 bertahan hingga peluit panjang berbunyi.Dengan kemenangan 2-0 atas Thailand ini, Laos U-19 meangkah ke Final Piala AFF U-19 2022. Laos sebagai juara Grup B akan menghadapi tantangan runner up Grup B, Timnas Malaysia U-19 yang berhasil menyingkirkan Vietnam dengan skor 3-0 di semi final lainnya.