Timnas Malaysia U-19 Lolos ke Final Piala AFF U-19 Usai Kalahkan Vietnam 3-0

Malaysia U-19 vs Vietnam U-19 3-0 lolos ke final Piala AFF U-19 2022 di Indonesia
Malaysia U-19 vs Vietnam U-19 3-0 lolos ke final Piala AFF U-19 2022 di Indonesia (Foto : )
Timnas Malaysia U-19 lolos ke final Piala AFF U-19 usai kalahkan Vietnam 3-0. Malaysia U-19 sukses membantai juara Grup A Vietnam di semi final Piala AFF U19 dengan skor telak 3-0.
Timnas Malaysia U19 menghadapi juara grup A Vietnam U-19 dalam perebutan tiket final Piala AFF U-19 2022. Timnas Malaysia U-19 sukses merebut tiket ke partai final Piala AFF U-19 2022 setelah mengalahkan Vietnam dengan skor telak 3-0 pada babak semi final yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu,13 Juli 2022.Pada pertandingan ini, Malaysia unggul lebih dulu pada babak pertama melalui Adam Farhan. Harimau Muda Malaya kembali menambah dua gol pada babak kedua melalui Muhammad Haiqal Haqeemi Hairi dan Mohammad Haykal Danish.Kemenangan ini mengantarkan Malaysia untuk tampil di partai final Piala AFF pada Jumat, 15 Juli 2022 mendatang. Malaysia U-19, menantikan pemenang laga semifinal antara Laos dan Thailand, sedangkan Vietnam akan berlaga di pertandingan perebutan tempat ketiga. 
Babak Pertama Malaysia U-19 vs Vietnam U-19 Pertandingan antara Timnas Malaysia U-19 menghadapi Vietnam U-19 berlangsung dengan tempo sedang diawal babak pertama. Kedua tim bermain dengan tempo sedang untuk menjajaki kekuatan dan kelemahan lawannya.Juara Grup A Vietnam U-19 maupun para pemain Malaysia U-19 sesekali melancarkan serangan untuk mencoba menembus lini pertahanan lawan, namun belum ada peluang yang membahayakan pada lima menit pertama.Vietnam yang tampil sebagai juara Grup A setelah bermain mata dengan Thailand U-19, mulai mendominasi jalannya pertandingan. Namun solidnya lini pertahanan dari Malaysia U-19 membuat serangan yang dibangun skuad asuhan Dinh The Nam belum dapat memberikan ancaman berbahaya.Sebaliknya Malaysia U-19 yang sempat tertekan, sesekali melancarkan serangan balik cepat begitu mendapat kesempatan. Malaysia bahkan mampu unggul lebih dulu pada menit 25 melalui tendangan terukur Adam Farhan memanfaatkan sapuan kurang sempurna dari lini pertahanan Vietnam. Gol Adam Farham merubah papan skor menjadi 1-0 untuk Malaysia U-19.Pada sisa waktu babak pertama, Vietnam terus melancarkan serangan untuk mengejar ketinggalan 1-0 dari Malaysia. Akan tetapi Malaysia mampu tampil disiplin sehingga dapat mempertahankan keunggulan 1-0 hingga turun minum.  Babak Kedua Malaysia U-19 vs Vietnam U-19 Memasuki babak kedua, para pemain Vietnam mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu begitu keluar dari kamar ganti pemain. Vietnam berusaha keras mencetak gol dalam rangka menyamankan kedudukan, tetapi para pemain belakang Malaysia masih dapat menjaga lini pertahanan mereka dengan baik.Serangan gencar Vietnam sempat memiliki peluang emas ketika babak kedua telah berjalan 10 menit. Berawal dari sundulan penyerang Nguyen Quov Viet, namun sigapnya lini pertahanan Malaysia dapat mematahkan peluang emas tersebut.Quoc Viet kembali memberikan ancaman ke lini pertahanan Malaysia ketika mampu menusuk ke kotak penalty. Namun tendangannya tidak menemui sasaran dan bola masih melambung di atas mistar gawang Malaysia yang dikawal kiper Syahmi Adib.Malaysia yang konsentrasi bertahan dan melancarkan serangan balik cepat, kembali merepotkan lini pertahanan Vietnam yang naik membantu serangan. Serangan balik Malaysia kembali dapat memboboil gawang Vietanm.Gelandang Muhammad Haiqal Haqeemi Hairi memanfaatkan umpan tarik dari penyerang Muhammad Haqimi Azim Rosli untuk menggandakan keunggulan Harimau Muda Malaya menjadi 2-0 pada menit 70.Gol Muhammad Haiqal Haqeemi Hairi semakin mamacu semangat para pemain Malaysia untuk melancarkan serangan gencar ke jantung pertahanan Vietnam.Timnas Malaysia U-19 akhirnya dapat mencatat keunggulan tiga gol pada menit 88 setelah pemain pengganti Mohammad Haykal Danish membobol gawang Vietnam yang dijaga oleh kipper Cao Vain Binh melalui skema serangan balik.Hingga pertandingan berakhir skor 3-0 untuk kemenangan tim Harimau Muda Malaya tetap bertahan. Kemenangan ini mengantarkan Malaysia ke final Piala AFF U-19 2022.