Ronaldo Kwateh Jalani Operasi Hidung, Marcelino Ferdinan Cidera Otot

Ronaldo Kwateh Operasi Hidung Berjalan Lancar
Ronaldo Kwateh Operasi Hidung Berjalan Lancar (Foto : )
Ronaldo Kwateh jalani operasi Hidung, Marcelino Ferdinan cidera otot. Striker muda Timnas U-19 Ronaldo Kwateh harus menjalani operasi hidung sementara Marselino Ferdinan mengalami ruptur partial otot paha belakang kaki kanannya.
Dua pemain kunci Timnas U-19 Indonesia mengalami cidera dan harus naik meja operasi seusai tampil di babak penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022. Gelandang serang Marcelino Ferdinan dan striker Ronaldo Kwateh harus naik ke meja operasi usai mengalami cidera dalam pertandingan penyisihan Grup A.Ronaldo Kwateh ternyata mengalami cidera di hidungnya saat melawan Myanmar pada laga terakhir Grup A yang berlangsung di Stadion Patriot Chanrabhaga, Bekasi. Saat itu Ronaldo Kwateh dimasukkan di babak kedua oleh pelatih Shin Tae-yong.Kwateh masuk pada babak kedua untuk menggantikan Rabbani Tasnim. Ronaldo Kwateh sukses menyumbangkan satu gol pada menit ke-72 untuk menambah pesta gol skuad Garuda Nusantara.Ronaldo mampu mencetak gol untuk melengkapi kemenangan Timnas U-19 Indonesia atas Myanmar 5-1 dilaga pamungkas babak penyisihan Grup A Piala AFF U-19. Cidera tulang hidung Ronaldo tampaknya terjadi akibat berbentungan dengan pemain belakang Myanmar pada menit ke 55’.Namun, pemain 17 tahun ini tetap melanjutkan pertandingan dan sukses menyumbangkan satu gol. Ronaldo Kwateh bahkan bisa terus bermain hingga pertandingan berakhir meski tulang hidungnya patah.Striker Tim U-19 Ronaldo Kwateh sukses menjalani operasi hidung di Rumah Sakit Royal Progres, Jakarta Utara. Operasi berjalan lancer dan Direktur Medis PSSI Dokter Syarif Alwi mengatakan dalam 1-2 hari, pemain asal Madura United itu sudah diperbolehkan pulang.“Ronaldo mengalami cidera di hidungnya saat melawan Myanmar pada laga terakhir Grup A di Stadion Patriot, Bekasi. Alhamdulillah operasi lancar dan kini sedang dalam tahap pemulihan,” kata Dokter Syarif.Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan pun bersyukur operasi tulang hidung Ronaldo Kwateh berjalan lancar. Ia meminta sang pemain untuk tidak buru-buru berlatih sepakbola.“Tunggu sampai benar-benar sembuh. Saya tahu Liga 1 sebentar lagi akan bergulir dan Ronaldo pasti dibutuhkan oleh klubnya. Ronaldo ini masa depannya masih panjang. Dia juga dibutuhkan saat Piala Dunia U-20 tahun depan,” ujar Iriawan.
Komitmen PSSI Untuk Proses Penyembuhan Marselino Ferdinan Sebelumnya cidera parah juga menimpa gelandnag dan playmaker Timnas U-19 Indonesia Marcelino Ferdinan. Gelandang Tim U-19 Indonesia, Marselino Ferdinan mengalami cidera otot paha belakang kaki kanannya saat bertanding melawan Thailand di babak penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022.Akibat cideranya tersebut, Marcelino Ferdinan dipastikan tidak bisa bermain hingga Piala AFF U-19 2022 berakhir. Kepastian ini setelah melihat hasil Magnetic Resonance Imaging (MRI) dari rumah sakit.Pemain asal klub Persebaya tersebut mengalami cidera di babak pertama saat melawan Thailand pada Rabu (6/7). Marcelino Ferdinan harus ditandu keluar menjelang berakhirnya babak pertama selesai."Iya setelah menjalani pemeriksaan MRI kemarin dan hasilnya Marselino mengalami ruptur partial ototnya cukup dalam dengan panjang 10 sentimeter dan lebar 1,7 sentimeter. Ini akan membutuhkan waktu sembuh sekitar 1-2 bulan," kata Dokter Syarif Alwi, Head of Medical PSSI.Sekjen PSSI Yunus Nusi menyatakan bahwa PSSI berupaya memberikan pengobatan secepat dan sebaik mungkin agar Marselino Ferdinan segera pulih. Apalagi pada September mendatang Indonesia akan mengikuti Kualifikasi Piala AFC U-20."Sudah menjadi kewajiban dan komitmen PSSI untuk menanggung semua biaya pengobatan Marselino hingga sembuh. Insya Allah dia cepat sembuh apalagi masih berusia muda dan punya semangat untuk bermain kembali," kata Yunus Nusi.