Shin Tae-yong Kaget Timnas Indonesia Menang 2-1 atas Kuwait

Kuwait vs Timnas Indonesia 1-2 gol Marc Klok dan Elkan Baggott
Kuwait vs Timnas Indonesia 1-2 gol Marc Klok dan Elkan Baggott (Foto : )
Shin Tae-yong kaget Timnas Indonesia menang 2-1 atas Kuwait. Shin Tae-yong tidak menyangka Timnas Indonesia bisa mengalahkan tuan rumah Kuwait 2-1 di Kualifikasi Piala Asia 2023.
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong semula hanya memasang target seri saat menghadapi tuan rumah Kuwait di babak penyisihan Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023. Tidak heran jika Shin Tae-yong kaget saat Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan 2-1 atas Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023.Shin Tae-yong mengungkapkan alasan dirinya kaget melihat Rahmad Irianto dan kawan kawan berhasil meraih kemenangan 2-1 atas Kuwait di matchday pertama Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023. Salah satu alasan yang paling utama karena Shin Tae-yong kurang paham dengan kualitas Timnas Kuwait.Timnas Indonesia melakoni laga berat di matchday pertama Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023. Skuad asuhan Shin Tae-yong langsung dihadapkan dengan tuan rumah Kuwait dalam laga yang digelar di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait City, Kamis (9/6/2022) dini hari WIB. 
Shin Tae-yong Ungkap Strategi Kemenangan Timnas Indonesia Atas Kuwait Tahu bermain di kandang lawan dan menghadapi Tim terkuat di Grup A, Shin Tae-yong menginstruksikan anak asuhnya untuk bermain sabar dan melakukan serangan balik saat mendapatkan peluang dan krsempatan.Meski bermain sabar dan bertahan untuk menghalau gelombang serangan Nader Al Almotawaa, Yousef Al Sulaiman, Issa Ali, dan Hussain Kankone, Timnas Indonesia beberapa kali mampu mengancam lewat serangan balik.Namun serangan gencar parapemain Kuwait pada akhirnya membuat pertahanan rapat yang dibangun Elkan Baggott, Rahmad Irianto dan Fachrudin Aryanto akhirnya bobol juga. Gawang Timnas Indonesia jebol setelah Kuwait mencetak gol lebih dulu lewat sundulan Youssef Nasser pada menit 40’.Hanya saja, euforia berlebih yang didapatkan Kuwait berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh Timnas Indonesia. Berselang empat menit, Marc Kloc, Irfan Jaya, dan Ricky Kambuaya berhasil membawa Timnas Indonesia menyamakan kedudukan lewat tendangan penalti Marc Klok.Hadiah tendangan penalti didapat setelah Rachmat Irianto dijatuhkan kiper Kuwait Rashed Aldousari di kotak terlarang. Gol Marc Klok merubah skor menjadi 1-1 dan bertahan hingga babak pertama usai.Di babak kedua, Timnas Indonesia langsung membuat gebrakan cepat setelah pelatih Shin Tae-yong memasukkan gelandang lincah Witan Sulaeman. Lewat serangan balik Witan Sulaeman yang membuat barisan belakang Kuwait kelabakan.Bola rebound hasil tendangan keras Witan Sulaeman berhasil dituntaskan oleh Rachmat Irianto untuk membobol gawang Kuwait lewat tendangan kaki kirinya.Gol Rahmad Irianto merubah papan skor menjadi 2-1 untuk kemenangan Timnas Indonesia. Setelah gol tersebut, Timnas Indonesia masih bermain cepat dan disiplin dengan mengandalkan pertahanan rapat.Hingga pertandingan terakhir skor 2-1 untuk keunggulan Timnas Indonesia atas Kuwait tetap bertahan. Timnas Indonesia menang 2-1 atas Kuwait dan ini merupakan kemenangan pertama Timnas Indonesia atas Kuwait dalam 42 tahun terakhir.Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong bahkan tidak percaya Marc Klok dan kolega mampu mengalahkan Kuwait.“Awalnya saya menilai laga ini akan menjadi tantangan besar nan sulit. Namun, saya tidak menyangka kami menang lawan Kuwait,” kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers pasca laga.Kemenangan Timnas Indonesia berkat gol Marc Klok dan Rahmad Irianto membuat Shin Tae-yong mengaku tidak mengetahui kekuatan sebenarnya Timnas Kuwait.“Jujur, saya tidak memahami kualitas Kuwait,” lanjut pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 ini.Dilaga kedua, Timnas Indonesia bakal menjajal Yordania pada Minggu,12 Juni 2022 pukul 02.15 WIB. Sama seperti Timnas Indonesia, Yordania menang di laga pertama Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 setelah menundukkan Nepal 2-0.