Aleix Espargaro Blunder Salah Hitung Lap Hingga Gagal Podium di MotoGP Catalunya

Aleix Espargaro celebrasi terlalu dini gagal podium di MotoGP Catalunya
Aleix Espargaro celebrasi terlalu dini gagal podium di MotoGP Catalunya (Foto : )
Aleix Espargaro blunder salah hitung lap hingga gagal podium di MotoGP Catalunya. MotoGP Catalunya 2022 benar benar tidak bersahabat dengan pembalap tuan rumah Aleix Espargaro.
Pembalap tuan rumah Aleix Espargaro menunjukkan tanda tanda akan juara di seri kesembilan MotoGP Catalunya Barcelona Spanyol. Pembalap dari Tim Aprilia Racing tersebut tampil digdaya dengan menjadi yang tercepat di sesi kualifikasi untuk merebut pole positions balapan MotoGP Catalunya.Bahkan Rider Aprilia Aleix Espargaro mencatatkan rekor untuk jadi yang tercepat dengan waktu 1 menit 38,771 detik di sesi kualifikasi. Dengan torehannya tersebut Aleix Espargaro start terdepan di balapan MotoGP Catalunya dan berada di fron row bersama dua pembalap lainnya Francesco Bagnaia dari Ducati dan Fabio Quartararo dari Yamaha.Ini peluang besar untuk merebut juara di kandang sendiri, atau minimal finish podium di depan suporternya, khususnya keluarga besar Espargaro yang langsung hadir menyaksikan balapan di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, Minggu 5 Juni 2022.Namun Dewi Fortuna tampaknya tidak menaungi Aleix Espargaro untuk merayakan kemenangan di podium MotoGP Catalunya. Justru pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo yang berhasil tampil sebagai juara. Quartararo yang start dari posisi ketiga merayakan kemenangannya pada MotoGP Catalunya di Sirkuit Catalunya, Spanyol, tersebut.Sementara posisi runner up yang menjadi hak Aleix Espargaro justru direbut oleh pembalap Pramac Racing Jogre Martin yang seharusnya finis diposisi ketiga. Dan Johann Zarco yang berada di peringkat keempat mendapatkan bonus cuma cuma dengan naik ke panggung karena kesalahan fatal yang dilakukan oleh Espargaro.Kejadian penting sekaligus blunder yang dilakukan oleh Aleix Espargaro saat lomba memasuki dua lap terakhir. Perjuangan Aleix Espargaro sepanjang lomba dengan bertarung ketat melawan duo pembalap Pramac Racing Jorge Martin dan Johan Zarco, tinggal menuai hasil manis, yaitu podium di posisi kedua.Pasalnya posisi pertama atau juara sudah tidak mungkin digapai lagi karena pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo sudah jauh didepan dan hanya menungu waktu untuk merayakan kemenangannya pada MotoGP Catalunya di Sirkuit Catalunya, Spanyol kali ini.Espargaro yang terus mampu mempertahankan posisinya di peringkat kedua, setelah mampu menyalip kembali Jorge Martin, memacu motornya dengan kecepatan maksimal untuk menyentuh garis finish.Espargaro tampak merayakan kemenangannya dengan memukul tangki dan melambaikan tangan ke arah penonton. Pembalap tuan rumah ini mengira sudah memastikan podium pertama pada balapan dikandangnya sendiri.Namun Espargaro membuat kesalahan fatal dengan salah menghitung lap dan tidak melihat bendera finish apakah sudah dikibarkan atau belum. Ternyata Aleix Espargaro membuat keputusan yang salah dan melakukan selebrasi terlalu cepat, padahal balapan masih menyisakan satu putaran lagi atau last lap.[caption id="attachment_522362" align="alignnone" width="900"]
Aleix Espargaro blunder salah hitung lap hingga gagal podium Posisi runner up yang menjadi hak Aleix Espargaro justru direbut oleh pembalap Pramac Racing Jogre Martin yang seharusnya finis diposisi ketiga. Dan Johann Zarco yang berada di peringkat keempat mendapatkan bonus cuma cuma dengan naik ke panggung karena kesalahan fatal yang dilakukan oleh Espargaro. (Foto : MotoGP)[/caption]Espargaro baru sadar ketika para pembalap dibelakangnya masih memacu motor mereka dengan kecepatan tinggi. Namun sudah terlambat karena tercatat ada empat pembalap yang berhasil melewatinya dengan cuma cuma saat dirinya melakukan selebrasi konyol.Aleix pun tercecer di posisi keenam setelah empat pembalap melewatinya yaitu Dua Pramac Racing Jorge Martin dan Johann Zarco, serta Joan Mir dari tim Suzuki Ecstar dan Luca Marini dari tim Mooney VR46/Ducati.Setelah Espargaro menyesali kebodohannya dan berusaha keras memacu motornya Kembali di last lap, dirinya hanya mampu menyalip satu pembalap yang berada didepannya yaitu Luca Marini dari tim Mooney VR46/Ducati. Espargaro akhirnya hanya bisa naik satu posisi dan finih di urutan lima.Pembalap Monster Yamaha Energy Fabio Quartararo sukses merebut juara MotoGP Catalunya 2022. Quartararo mulus menangkan lomba setelah menyentuh garis finish jauh didepan Jorge Martin dari tim Pramac Racing/Ducati dengan selisih waktu +6.473.Quartararo merayakan kemenangan krusial bagi perjuangannya mempertahankan gelar sekaligus memeriahkan pesta bersama penonton tamu dari Prancis yang bertetangga dengan Catalunya. Podium kedua dan ketiga diraih dua pembalap Tim Pramac Racing yaitu Jorge Martin dan Johann Zarco.Impian Aleix Espargaro untuk juara atau minimal naik podium di MotoGP Catalunya sirna karena kebodohannya sendiri. Espargaro harus pias finish diposisi kelima. Meski demikian Tim Aprilia menyambut kedatangan Aleix Espargaro dengan tepuk tangan untuk menghibur sang pembalap yang dilanda kecewa.  Hasil MotoGP Catalunya 2022:
  1. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha/Yamaha) 40:29.360
  2. Jorge Martin (Pramac Racing/Ducati) +6.473
  3. Johann Zarco (Pramac Racing/Ducati) +8.385
  4. Joan Mir (Suzuki Ecstar/Suzuki) +11.481
  5. Aleix Espargaro (Aprilia Racing/Aprilia) +14.395
  6. Luca Marini (Mooney VR46/Ducati) +15.430
  7. Maverick Vinales (Aprilia Racing/Aprilia) +15.975
  8. Brad Binder (Red Bull KTM/KTM) +21.436
  9. Miguel Oliveira (Red Bull KTM/KTM) +26.800
10.Alex Marquez (LCR Honda/Honda)+30.460