Aleix Espargaro Raih Pole Position MotoGP Catalunya Dengan Rekor Lap Baru

aleix espargaro rebut pole positions di GP
aleix espargaro rebut pole positions di GP (Foto : )
Aleix Espargaro raih pole position MotoGP Catalunya dengan rekor lap baru. Pembalap Aprilia Aleix Espargaro asal Spanyol mencatat rekor lap baru di Grand Prix MotoGP Catalunya di Barcelona, Spanyol.
Pembalap Spanyol Aleix Espargaro bakal start terdepan di balapan kandang Grand Prix Catalunya setelah mengalahkan Francesco Bagnaia di babak kualifikasi, Sabtu, 4 Juni 2022.Aleix Espargaro sukses memecahkan rekor Sirkuit Barcelona-Catalunya dan menjadi yang tercepat di tiga sesi latihan bebas. Espargaro sukses merebut pole position setelah tampil tercepat hingga Q2 Moto GP Catalunya.Sang pembalap tim Aprilia ini tampil lebih kencang di kandangnya dan mencatat lap terbaiknya demi memperbaiki rekor yang telah ia pecahkan saat mencatatkan satu menit 38,742 detik.Bagnaia berupaya memperbaiki catatan waktunya di lap terakhir Q2 namun masih belum mampu mengalahkan waktu terbaik Espargaro yang unggul tipis 0,031 detik, sehingga sang pembalap Ducati harus puas start dari P2."Saya tak tahu (bagaimana melakukannya). Itu lap paling sulit sejauh musim ini. Kondisinya sangat, sangat sulit," kata Espargaro dalam wawancara di pitlane seperti dikutip Reuters.Perjuangan Aleix Espargaro mencatat lap tercepat tidak gampang karena dirinya harus sliding dibeberapa tikungan, karena melintas dengan kecepatan tinggi."Saya tampil habis-habisan. Saya menjalani lap yang benar-benar gila, sliding di mana-mana. Sebenarnya saya tidak menikmati lap itu. Saya berada di limitnya di setiap tikungan."Pemuncak klasemen sementara Fabio Quartararo tetap tampil konsisten dengan merebut grid terdepan. Quartararo berhasil mencatat waktu tercepat ketiga dan akan memacu motor Yamaha M1 dari P3, melengkapi posisi start baris terdepan."Tujuan hari ini adalah meraih dua baris terdepan dan kami dapat yang paling depan, saya senang," kata Quartararo, yang kewalahan menemukan grip saat latihan Jumat.Baris kedua diisi oleh trio Ducati; Johann Zarco (Pramac), Fabio Di Giannantonio (Gresini), dan Jorge Martin (Pramac).Sedangkan Alex Rins menjadi pembalap Suzuki terdepan di P7, setelah mengalahkan Maverick Vinales (Aprilia) dan Luca Marini (VR46).Pembalap tim Gresini Racing Enea Bastianini, yang telah memenangi tiga balapan musim ini gagal melaju ke babak kualifikasi kedua. Bastianini yang berada di peringkat tiga klasemen sementara akan start dari P14. Hasil lebih buruk dicatat Alex Marquez yang melewatkan babak kualifikasi setelah mengalami kecelakaan di FP4. 
Hasil Kualifikasi Grand Prix Catalunya: 1 Aleix Espargaro Aprilia Racing (RS-GP) 1'38,7422 Francesco Bagnaia Ducati Lenovo (GP22) +0,0313 Fabio Quartararo Monster Yamaha (YZR-M1) +0,2174 Johann Zarco Pramac Ducati (GP22) +0,285 5 Fabio Di Giannantonio Gresini Ducati (GP21)* +0,357 6 Jorge Martin Pramac Ducati (GP22) +0,4007 Alex Rins Suzuki Ecstar (GSX-RR) +0,4038 Maverick Viñales Aprilia Racing (RS-GP) +0,6559 Luca Marini Mooney VR46 Ducati (GP22) +0,70910 Pol Espargaro Repsol Honda (RC213V) +0,73511 Jack Miller Ducati Lenovo (GP22) +0,78112 Takaaki Nakagami LCR Honda (RC213V) +0,869 13 Marco Bezzecchi Mooney VR46 Ducati (GP21)* 1'39,24