Asian Games Hangzhou Ditunda hingga 2023 Akibat Covid-19

hongzhou
hongzhou (Foto : )
Asian Games  yang dijadwalkan berlangsung di kota Hangzhou, China pada September telah ditunda hingga 2023 karena situasi Covid-19 yang berlaku, Randhir Singh, penjabat Presiden Dewan Olimpiade Asia (OCA), mengatakan kepada Reuters, Jumat (6/5/2022).
Asian Games Hanzhou dijadwalkan berlangsung pada 10-25 September 2022. Ini adalah kali ketiga China menjadi tuan rumah Asian Games, setelah sebelumnya penyelenggaraan berlangsung di kota Beijing (1990) dan Guangzhou (2010).Asian Games edisi ke 19 rencananya akan berlangsung di Hanzhou ibukota provinsi Zhejiang, sekitar 175 kilometer barat daya Shanghai.Keputusan untuk menunda Asian Games diambil pada pertemuan dewan eksekutif OCA di Tashkent pada hari Jumat ini.Sebagian besar acara olahraga internasional di China telah ditunda atau dibatalkan sejak awal pandemi Covid-19, dengan pengecualian Olimpiade Musim Dingin, yang berlangsung di Beijing di bawah kontrol kesehatan yang ketat pada Februari.Penyelenggara Hangzhou mengatakan pada awal April bahwa  56 tempat kompetisi untuk Olimpiade telah selesai dan acara uji coba berlanjut ketika kota tepi danau bersiap untuk menampung lebih dari 11.000 atlet dari 44 negara dan wilayah.

NOC Indonesia Menyayangkan Dan Memahami

Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari juga telah mengumumkan penundaan Asian Games 2022 Hangzhou.Kabar ini diterima setelah Raja Sapta Oktohari mengonfirmasi langsung kabar tersebut kepada Dewan Olimpiade Asia (OCA).NOC Indonesia, dikatakan Okto, menyayangkan penundaan Asian Games Hangzhou. Terlebih, Federasi Nasional (NF) telah menyiapkan atlet untuk dapat meraih prestasi maksimal di Asian Games.“Penundaan ini tentu juga berdampak dengan pembinaan prestasi karena cabor telah menyiapkan skema pembinaan, baik turnamen single-event dan multi-event. Ini juga akan memengaruhi biaya yang akan ditanggung NF,” kata Okto.Meski demikian, NOC Indonesia menegaskan memahami situasi yang tengah terjadi di China. Negeri Tirai Bambu tengah dilanda gelombang Covid-19, bahkan Ibu kota China, Beijing, menutup puluhan stasiun metro dan rute bus sebagai upaya menghentikan penyebaran Covid-19.Upaya tersebut juga dilakukan sebagai langkah antisipasi agar Beijing tidak seperti Shanghai yang tengah di-lockdown selama lebih satu bulan.“NOC Indonesia juga memahami keputusan OCA, China Olympic Committee (COC) dan Hangzhou Asian Games Organizing Committee (HAGOC), mengingat kasus Covid-19 di sana masih tinggi,” terang Okto.“Kami concern dengan keselamatan dan kesehatan atlet. Kami pun mengerti karena tidak mudah menyelenggaran multi-event di masa pandemi dan penundaan ini juga menjadi warning bagi kami, terutama sekarang sedang dalam masa persiapan akhir menuju SEA Games 2021 Vietnam. Ingat Covid-19 masih ada, sehingga atlet tetap harus menjaga protokol kesehatan (prokes) dan semoga Covid-19 ini cepat selesai.”Saat ini NOC Indonesia juga masih menunggu surat resmi dari OCA. Termasuk terkait penetapan jadwal terbaru Asian Games yang masih dibicarakan OCA, COC, dan HAGOC.