ANTV akan Siarkan Langsung Suasana Salat Idul Fitri di JIS dan Masjid Istiqlal

IND lebaran1
IND lebaran1 (Foto : )

Rencananya ANTV akan melakukan siaran langsung Salat Idul Fitri 1443 Hijriyah dari Jakarta International Stadium (JIS) dan Masjid Istiqlal Minggu, 2 Mei 2022 besok pada pukul 07.00 WIB atau menunggu ketetapan Sidang Isbat dari Kementrian Agama RI.

Program bertajuk "INDONESIA BERLEBARAN" akan dimulai pada pukul 07.00 akan menampilkan suasana salat Idul Fitri di JIS dan juga di Masjid terbesar di Indonesia, Masjid istiqlal. Arah Kiblat di JIS

Sementara itu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mengadakan Salat Idul Fitri di Jakarta International Stadium (JIS) untuk penyempurnaan pelaksanaan Salat Idul Fitri di JIS Pemda DKI Jakarta meminta Dewan Masjid Indonesia (DMI) untuk melakukan pengukuran arah kiblat kemarin.

Hasil pengecekan arah kiblat oleh DMI DKI Jakarta di lokasi Ramp Barat Jakarta International Stadium, hasilnya pola pattern yang ada di Ramp dan Concurse JIS sudah sesuai arah kiblatnya.

Jakarta International Stadium rencananya akan digunakan untuk Salat Idul Fitri 1443 Hijriah dengan kapasitas 20 ribu orang.

Melalui akun Instagram @dmi_dkijakarta, pengurus menjelaskan jika pengukuran kiblat ini dengan melihat arah bayangan. 

“Saat pengukuran, matahari pada posisi azimuth 80 derajat. Setelah busur dan bayang tiang tegak diposisikan 80 derajat, maka langsung diketahui garis kiblat untuk Jakarta 295,1 derajat dan garis shaff 25,1 derajat. Praktis, cepat dalam tempo 4 detik sudah diketahui arah kiblat dan garis shaff sekaligus,” tulis mereka.