Pratama Arhan Siap Bersaing Memperebutkan Starting XI Tokyo Verdy

Pratama Arhan jugling di preskon Tokyo Verdy
Pratama Arhan jugling di preskon Tokyo Verdy (Foto : )
Pratama Arhan siap bersaing memperebutkan Starting XI Tokyo Verdy. Tidak mudah masuk Starting XI Tokyo Verdy namun Pratama Arhan bertekat meningkatkan kualitas fisik demi lolos ke skuat utama.
Pesepak bola Indonesia Pratama Arhan sudah mulai mengikuti sesi latihan bersama skuat Tokyo Verdy sejak Rabu 23 Maret 2022. Mantan bek tim PSIS Semarang tersebut mengaku harus secepatnya beradaptasi dengan kondisi cuaca di Jepang, agar bisa berlatih mengikuti program latihan klub barunya Toko Verdy.Meski suhu udara cukup dingin di ibukota Tokyo, Jepang, Pratama tetap bersemangat mengikuti latihan para pemain Tokyo Verdy. Bek kiri tim nasional Indonesia Pratama Arhan bertekad meningkatkan kualitas fisik agar bisa bersaing dengan para pemain senior di klub barunya Tokyo Verdy."Saya harus meningkatkan kualitas fisik dan beradaptasi dengan cuaca. Saya mau bersaing di tim ini agar kemampuan saya terus berkembang," kata Pratama Arhan dalam konferensi pers virtual yang diselenggarakan oleh KBRI Tokyo bekerjasama dengan klub Tokyo Verdy, Jumat, 25 Maret 2022.Pesepak bola berusia 20 tahun itu menyadari bahwa tidak mudah "menaklukkan" kompetisi sepak bola Jepang meskipun di jajaran kasta kedua. Saat ini Tokyo Verdy berkompetisi di Liga 2 Jepang, atau J2 League.Iklim lapangan hijau Jepang menuntut level tertinggi dari seorang pemain, mulai fisik, teknik termasuk tingkat kedisiplinan dan tanggung jawab dalam setiap latihan dan pertandingan.Sebelum Arhan, ada beberapa pesepak bola Indonesia yang pernah merumput di Jepang. Mereka bermain di J Liga, Liga 2 hingga Liga 3. Para pemain Indonesia yang sudah merasakan Liga Jepang yaitu Ricky Yacobi, Irfan Bachdim dan Stefano Lilipaly, tetapi karier mereka di Negeri Sakura tak cemerlang."Saya tidak terbebani dengan itu. Justru hal tersebut memberikan saya motivasi untuk lebih baik," tutur pria yang sebelum di Tokyo Verdy bermain untuk klub PSIS Semarang tersebut.Pratama Arhan direkrut Tokyo Verdy dari klub Liga 1 Indonesia PSIS Semarang untuk dikontrak selama dua tahun mulai Maret 2022.[caption id="attachment_511653" align="alignnone" width="900"]
Pratama Arhan siap bersaing memperebutkan Starting XI Tokyo Verdy Meski baru bisa bergabung dan berlatih bersama dengan para pemain Tokyo Verdy sejak Rabu 23 Maret 2022, Manajer Tokyo Verdy Atsuhiko Ejiri, melihat potensi, disiplin dan kerja keras pemain didikan Shin Tae-yong ini dalam latihan. (Foto : KBRI Tokyo)[/caption]Tokyo Verdy merupakan salah satu klub tersukses di Jepang dengan mengumpulkan dua gelar juara J1 League, lima status kampiun Piala Emperor, enam trofi juara Piala J League dan satu kali juara Liga Champions Asia.Klub yang saat berdiri (tahun 1969) bernama Yomiuri FC itu pertama kali terdegradasi ke J2 League pada tahun 2005 lantaran pada musim itu mereka menduduki posisi ke-17 (dari 18 tim) J1 League.Namun, Tokyo Verdy kembali ke J1 League pada tahun 2008 sebelum terlempar kembali ke J2 League hingga saat ini. Target Tokyo Verdi tahun ini adalah Promosi ke J1 League, dan Pratama Arhan menjadi salah satu pemain yang diharapkan bisa membantu Tokyo Verdy kembali bermain di kasta sepakbola tertinggi Liga Jepang tersebut.