RB Leipzig Lolos 16 Besar Liga Europa Usai Kalahkan Real Sociedad 3-1

Real Sociedad vs RB Leipzig 1-3 (Agg 3-5)
Real Sociedad vs RB Leipzig 1-3 (Agg 3-5) (Foto : )
RB Leipzig lolos ke 16 besar Liga Europa usai kalahkan Real Sociedad 3-1. RB Leipzig sukses mengalahkan tuan rumah Real Sociedad 3-1 untuk memastikan diri lolos ke babak 16 besar Liga Eropa 2022.
Wakil Jerman RB Leipzig harus bermain di kandang Real Siciedad di leg kedua play-off babak 16 besar Liga Europa, Jum’at, 25 Februari 2022 dini hari WIB. Meski tampil di kandang lawan, RB Leipzig berhasil memastikan diri lolos ke babak 16 besar Liga Europa usai mengalahkan Real Sociedad dengan skor 3-1 pada leg kedua play-off di Reale Arena, San Sebastian, Spanyol.Tiga gol kemenangan RB Leipzig dipersembahkan melalui gol dari Willi Orban, Andre Silva dan penalti Emil Forsberg. Sedangkan gol balasan tuan rumah Real Sociedad berhasil dicetak oleh Martin Zubimendi untuk memperkecil kekalahan 1-3.Pada leg pertama, RB Leipzig ditahan imbang dengan skor 2-2 oleh Real Sociedad saat bermain di Leipzig, Jerman. RB Leipzig sempat tertinggal lebih dulu dari gol Robin Le Normand kemudian mampu disamakan oleh Christopher Nkunku untuk merubah papan skor 1-1.Namun tampil di kandang sendiri RB Leipzig kembali tertinggal karena penalti Mikel Oyarzabal. Beruntung tuan rumah mendapatkan hadiah pinalti dan Emil Forsberg yang tampil sebagai eksekutor berhasil menjalankan tugasnya dengan sempurna untuk merubah skor kembali imbang 2-2.Berbekal skor imbang 2-2 tersebut, RB Leipzig bisa tampil lepas saat bermain di kandang lawan pada leg kedua play-off babak 16 besar yang digelar di Reale Arena, San Sebastian, Spanyol.
 Babak Pertama Real Sociedad vs RB Leipzig Pada babak pertama, RB Leipzig melakukan tekanan terlebih dahulu dan sempat mengancam melalui upaya dari Lukas Klostermann serta Kevin Kampl, namun bola masih bisa dimentahkan oleh kiper Real Sociedad Matt Ryan.Selanjutnya giliran Willi Orban yang mengancam gawang Real Sociedad setelah melepaskan tembakan terarah dari tendangan bebas, namun kembali Matt Ryan menyelamatkan gawangnya dari kebobolan.Serangan gencar RB Leipzig baru bisa membuahkan hasil pada menit ke-39’ melalui Willi Orban.  Setelah menerima bola muntah dari sepakan Andre Silva yang ditepis oleh kiper Matt Ryan, Willi Orban menyarngkan bola ke gawang tuan rumah untuk mengubah papan skor menjadi 1-0.Kedua tim kembali saling jual beli serangan di sisa waktu babak pertama. Namun tidak ada gol tambahan yang tercipta. Hingga turun minum RB Leipzig berhasil mempertahankan keunggulan 1-0 atas Real Sociedad. Babak Kedua Real Sociedad vs RB Leipzig Di babak kedua, RB Leipzig tidak mengendurkan serangan untuk menambah keunggulan atas tuan rumah. Beberapa peluang berhasil diciptakan oleh RB Leipzig dalam upaya membobol gawang Real Sociedad yang dikawal kipper Mathew Ryan tersebut.RB Leipzig kembali mendapatkan peluang kali ini giliran gelandang Dani Olmo yang mengancam gawang Real Sociedad. Akan tetapi lagi-lagi kipper Mathew Ryan mampu melakukan penyelamatan gemilang untuk menjaga gawangnya dari kebobolan.Namun gempuran RB Leipzig yang dating bertubi tubi akhirnya kembali membuahkan hasil pada menit 59’. Kali ini melalui tendangan Andres Silva yang mendapatkan bola di dalam kotak penalti Real Sociedad. Tembakan Andres Silva tidak mampu dihadang oleh kipper Mathew Ryan dan mengubah skor menjadi 2-0.Tertinggal dua gol, Real Sociedad semakin berusaha keras untuk mengejar gol dengan melakukan serangan terbuka. Kombinasi serangan yang dibangun oleh Mikel Oyarzabal, Martin Zubimendi dan Igor Zubeldia akhirnya membuahkan hasil.Real Sociedad mampu memperkecil ketinggalan melalui Martin Zubimendi pada menit 65’ setelah mendapatkan umpan matang dari Mikel Oyarzabal, Martin melepaskan tembakan yang mampu mengoyak gawang RB Leipzig yang dikawal kipper Peter Gulacsi. Skor berubah 2-1 masih untuk keunggulan RB Leipzig.Meski demikian semangat para pemain tuan rumah bangkit dan semakin ngotot menekan pertahanan RB Leipzig. Serangan gencar yang dilancarkan para pemain Real Sociedad dimanfaatkan dengan baik oleh pemain RB Leipzig untuk melancarkan serangan balik.Hasilnya RB Leipzig mendapatkan hadiah pinalti di menit akhir.  Emil Forsberg berhasil mengeksekusi tendangan penalti ke pojok bawah kiri gawang Matt Ryan dan menutup pertandingan ini dengan skor 3-1 hingga peluit panjang berbunyi.Kemenangan ini membuat RB Leipzig unggul aggregate gol 5-3 atas Real Sociedad setelah di leg pertama play off babak 16 besar berakhir imbang 2-2. RB Leipzig melaju ke babak 16 besar Liga Eropa.