Forsa Tanggap Bencana Galang Dana dan Salurkan Bantuan untuk Warga Korban Erupsi Gunung Semeru

Forsa Tanggap Bencana Galang Dana dan Salurkan Bantuan untuk Warga Korban Erupsi Gunung Semeru (Foto Istimewa)
Forsa Tanggap Bencana Galang Dana dan Salurkan Bantuan untuk Warga Korban Erupsi Gunung Semeru (Foto Istimewa) (Foto : )
Fans of Rhoma and Soneta (FORSA) merupakan ormas yang memayungi semua fans Sang Raja Dangdut Rhoma Irama yang memiliki rasa peduli yang tinggi terhadap masyarakat di seluruh Indonesia yang mengalami musibah bencana alam.
Dewan Pimpinan Pusat (DPP) FORSA membentuk Forsa Tanggap Bencana (FORGANA) sebagai bentuk empati yang nyata kepada masyarakat yang tertimpa korban bencana.Bersamaan dengan terbentuknya FORGANA, Ketua Umum DPP FORSA Bapak H. Kuswanto meminta Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) FORSA seluruh Indonesia untuk melakukan aksi sosial di daerah masing-masing untuk membantu korban yang mengalami bencana alam.Instruksi itu langsung ditindaklanjuti FORGANA wilayah Jawa Timur, Sumatra Selatan dan Serang (Banten) dengan menggalang dana baik berupa sumbangan sukarela dari anggotanya maupun masyarakat umum yang berada di wilayah yang bersangkutan.Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) FORSA masing-masing wilayah langsung membuat list sumbangan dari anggota dalam grup sedangkan anggota Forgana langsung melakukan aksi sosial dengan meminta sumbangan di persimpangan jalan untuk mengetuk hati masyarakat menyisihkan sebagian rezekinya.Dana yang terkumpul kemudian disalurkan kepada korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur pada hari minggu tanggal 26 Desember 2021.Pada saat berlangsungnya penggalangan dana ada cara unik yang dilakukan oleh anggota FORSA yaitu dengan menghadirkan Rhompal atau anggota yang berkostum mirip dengan raja dangdut Rhoma Irama.Selain penggalangan dana untuk korban erupsi Semeru, banjir, kebakaran dan lainnya sebelumnya FORSA DPW Sumatra Selatan pun melakukan penggalangan dana untuk warga sipil Palestina yang mengalami kekejaman Israel.Jumlah penggemar Rhoma Irama dan Soneta di seluruh Indonesia jutaan orang. Untuk mempermudah koordinasi dalam satu wadah Rhoma Irama menyarankan agar mereka mendirikan satu komunitas. Akhirnya diresmikan pembentukan Fans of Rhoma and Soneta (FORSA) pada hari kamis tanggal 4 April 2013 yang berlokasi di Kebon Baru Kecamatan Tebet Jakarta Selatan. Sebelum tergabung dalam FORSA terdapat banyak komunitas fans dengan nama masing-masing diantaranya ABRI (Anak Buah Rhoma Irama), Soneta Fans Club (SFC) dan sebagainya.Kegiatan yang dimiliki FORSA pun sesuai dengan visi dan misi yaitu mendukung penuh semua karya yang dihasilkan dari tangan dingin Rhoma Irama bersama Soneta Group.[caption id="attachment_503912" align="aligncenter" width="532"]
Rhoma Irama Ketua Dewan Pertimbangan DPP FORSA  dan Kuswanto Ketua Umum DPP forsa (Foto Istimewa) Rhoma Irama Ketua Dewan Pertimbangan DPP FORSA dan Kuswanto Ketua Umum DPP FORSA (Foto Istimewa)[/caption]FORSA lebih menekankan silaturahmi. Sebulan sekali diadakan pertemuan baik untuk mengadakan pengajian maupun arisan. Semua kegiatan yang dilakukan olah anggota FORSA merupakan bentuk realisasi dari lagu-lagu yang dimiliki Sang Raja Dangdut.Komandan Pusat FORGANA Bapak Januardi Nylman menyampaikan bahwa FORGANA SIAP untuk membantu masyarakat yang sedang mengalami musibah dan bencana di seluruh wilayah nusantara (SIAP = Standby, Instruction, Action, Powerfull).Muhammad Muksin selaku Ketua DPW FORSA Jawa Timur mengungkapkan bantuan korban erupsi Semeru nantinya akan berkelanjutan. Dijelaskannya, apabila dana untuk kegiatan sosial ini diperoleh melalui penggalangan dana dari iuran beberapa anggota Forsa daerah yang terkumpul kurang lebih Rp. 30 juta. Kemudian bantuan tersebut akan diberikan kepada tiga titik yang berbeda berupa uang tunai, perabot rumah tangga, kasur dan lain-lain.ā€œDiharapkan bantuan ini bisa membantu saudara-saudara kita dan dapat bermanfaat," ucapnya.