2 Andalan Singapura Striker Gabriel Quak dan Bek Shakir Hamzah Cidera

Bek kiri Singapura Shakir Hamzah cidera lutut out of AFF Suzuki Cup 2020
Bek kiri Singapura Shakir Hamzah cidera lutut out of AFF Suzuki Cup 2020 (Foto : )
2 andalan Singapura striker Gabriel Quak dan bek Shakir Hamzah cidera. Tuan rumah Singapura kehilangan dua pemain kuncinya striker Gabriel Quak dan bek Shakir Hamzah saat menghadapi Indonesia di semi final Piala AFF 2020.
Kabar buruk menerpa Timnas Singapura menjelang duel hidup mati melawan Timnas Indonesia di babak semi final Piala AFF 2020. Pada pertandingan yang akan digelar di Stadion Nasional Singapura Rabu 22 Desember 2021, tuan rumah tidak bisa menurunkan dua pemain andalannya.Pelatih Timnas Singapura Tatsuma Yoshida tidak bisa menurunkan 2 pemain andalannya yaitu striker Gabriel Quak dan bek Shakir Hamzah karena keduanya mengalami cidera parah. Bek kiri Singapura Shakir Hamzah mengalami cidera lutut dan tak bisa bermain lagi di Piala AFF 2020.Kabar sedih tersebut menghantam Timnas Singapura jelang menghadapi Indonesia pada semifinal Piala AFF 2020. Dua andalan tuan rumah mengalami cidera serius dan dipastikan absen hingga turnamen berakhir.Menurut Laman resmi Federasi Sepak Bola Singapura (FAS) mengonfirmasi bek kiri tim berjuluk The Lions Shakir Hamzah, harus mengucapkan selamat tinggal saat Singapura melaju ke babak semifinal Piala AFF 2020.“Shakir dipastikan absen di sisa laga Piala AFF 2020 karena cidera. Cepat sembuh, Shakir!,” tulis FAS di Instagram mereka, @fasingapore, Senin (20/12/2021).Jelas ini kabar yang kurang menggembirakan buat Pelatih Timnas Singapura Tatsuma Yoshida. Pasalnya sepanjang babak penyisihan Grup A, arsitek asal Jepang itu selalu mengandalkan Shakir Hamzah di lini belakang.Shakir Hamzah mengalami cidera lutut setelah bertabrakan dengan gelandang Timnas Thailand Thitiphan Puangchan pada menit ke-12’ di laga terakhir Grup A, Sabtu (18/12/2021).Pemain berusia 29 tahun itu kemudian ditandu keluar lapangan dan segera dibawa ke rumah sakit. Hasil diagnosa menunjukkan bahwa bek ini mengalami ruptur pada anterior cruciate ligament, medial cruciatum ligament dan meniscus lutut kanan.Berdasarkan hasil MRI tersebut, The Lions kehilangan dua andalan saat menghadapi Timnas Indonesia di semifinal nanti. Pasalnya, Singapura sebelumnya sudah dipastikan kehilangan striker Gabriel Quak.  Striker Timnas Singapura ini mengikuti saran dokter untuk melakukan operasi pada cidera dislokasi bahu yang dideritanya.Cidera itu terjadi usai pertandingan persahabatan Singapura kontra Maroko di Dubai pada 26 November lalu. Namun, masalah itu makin serius setelah cidera itu kambuh saat Quak tampil saat membantu Singapura menang 2-1 atas Filipina pada laga kedua Grup A, 8 Desember 2021 lalu.[caption id="attachment_503413" align="alignnone" width="900"]
2 andalan Singapura striker Gabriel Quak dan bek Shakir Hamzah cidera Pelatih Timnas Singapura Tatsuma Yoshida tidak bisa menurunkan 2 pemain andalannya yaitu striker Gabriel Quak dan bek Shakir Hamzah karena keduanya mengalami cidera parah. Bek kiri Singapura Shakir Hamzah mengalami cidera lutut dan tak bisa bermain lagi di Piala AFF 2020. (Foto : @fasingapore)[/caption]Kabar buruk Singapura bisa dimanfaatkan oleh Shin Tae-yong untuk mengeksploitasi ruang yang ditinggalkan oleh Shakir Hamzah dan Gabriel Quak. Witan Sulaeman, Ricky Kambuaya dan Asnawi Mangkualam yang beroperasi di sisi kiri pertahanan Singapura akan menghadapi pemain lapisan kedua pengganti Shakir.Tanpa kehadiran bek tangguh asal klub Tanjong Pagar United itu, Tim Garuda akan lebih leluasa mengeksploitasi sisi sayap kiri pertahanan tuan rumah. Meski demikian Shin Tae-yong tetap harus waspada menghadapi semangat juang para pemain Singapura yang akan bermain dihadapan suporternya sendiri di Stadion Nasional Singapura.Leg pertama semifinal antara Singapura kontra Indonesia akan digelar Rabu (22/12/2021) pukul 20.30 WIB. Sementara leg kedua akan dimainkan Sabtu (25/12/2021). Semua laga tersebut akan digelar di Stadion Nasional, Singapura.