Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa dalam Jiwa SMA Taruna Nusantara

Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa dalam Jiwa SMA Taruna Nusantara (Foto Istimewa)
Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa dalam Jiwa SMA Taruna Nusantara (Foto Istimewa) (Foto : )
Satu Nusa, Satu Bangsa dan Satu Bahasa. Itulah jargon sakti pemersatu Indonesia yang digaungkan di hari Sumpah Pemuda 28 Oktober.
Ya, Kamis esok (28/10/2021), Indonesia akan memperingati 93 tahun hari Sumpah Pemuda.Mantra pemersatu Indonesia ini, masih kental terasa di sebuah SMA yang berada di lembah Tidar, Magelang.Kata Satu Nusa, Satu Bangsa dan Satu Bahasa tertera jelas pada Logo SMA Taruna Nusantara Magelang.Chief Eksekutif Bukalapak Rachmat Kaimudin, mengatakan bahwa sekolah SMA Taruna Nusantara ini menyatukan siswa yang berasal dari berbagai penjuru Indonesia. Yakni dengan beragam suku, agama dan tingkat ekonomi.[caption id="attachment_499855" align="aligncenter" width="900"]
Siswa SMA Taruna Nusantara Siswa SMA Taruna Nusantara (Foto Istimewa)[/caption]Namun perbedaan tersebut berhasil dihilangkan dalam sebuah sistem pendidikan yang menerapkan kedisiplinan dengan saling asah dan asuh diantara siswanya.“Saya kalo setiap libur sekolah dahulu, selalu merasa ingin segera kembali ke asrama. Karena saya ingin bertemu dan berkumpul kembali dengan keluarga saya, yaitu teman-teman di SMA Taruna Nusantara”, ujar alumni SMA Taruna Nusantara angkatan ke-5 ini.Rachmat adalah alumni SMA Taruna Nusantara yang lulus tahun 1997. Ia kemudian melanjutkan pendidikan di Massachusetts Institute of Technology di Amerika Serikat dengan beasiswa.[caption id="attachment_499856" align="aligncenter" width="900"] Chief Eksekutif Bukalapak Rachmat Kaimudin saat Memberikan Sambutan (Foto Istimewa) Chief Eksekutif Bukalapak Rachmat Kaimudin saat Memberikan Sambutan (Foto Istimewa)[/caption]Meski sering dikaitkan dengan para alumninya yang melanjutkan ke akademi TNI Polri. Namun sebenarnya hanya sekitar 25 – 40 persen alumni yang melanjutkan pendidikan sebagai calon perwira.Hari minggu 24 Oktober 2021 kemarin, 67 siswa siswa SMA Taruna Nusantara angkatan ke-32 yang berasal dari Jabodetabek bersilaturahmi di Jakarta.Acara silaturahmi ini diprakarsai para orang tua siswa dengan didukung Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana Yudo Margono. Yakni dengan memfasiltasi acara di kediaman resmi KSAL yaitu Wisma Elang Laut.Acara ini bertujuan mengeratkan rasa kekeluargaan dan kekompakan serta motivasi untuk mereka. Karena selama menjalani pembelajaran jarak jauh ini, para siswa siswi SMA TN kelas X hanya bertemu saat pembelajaran daring saja.Pertemuan ini mewajibkan para peserta menjalani protokol kesehatan dengan swab antigen dan menggunakan masker.Selain Rachmat juga hadir para Perwira Kopassus yang merupakan alumni SMA Taruna Nusantara dari berbagai angkatan.Bahkan Komandan batalyon 31 Kopassus Mayor Fictor J Situmorang yang merupakan alumni SMA TN angkatan ke-10 membawa para juniornya. Yaitu 3 peraih Adhi Makayasa Akademi Militer atau lulusan terbaik yang kesemuanya alumni SMA Taruna Nusantara.“ SMA Taruna Nusantara mengajarkan saya, bahwa apa yang hendak kita capai di masa depan bukan untuk diri kita, melainkan demi Bangsa dan Negara. Agar masa depan bangsa ini lebih baik sesuai dengan prasasti SMA Taruna Nusantara yang ditandatangani pendiri. Yaitu Jenderal LB Moerdani”, kata alumni yang berasal dari Riau ini.[caption id="attachment_499858" align="aligncenter" width="900"] Komandan batalyon 31 Kopassus Mayor Fictor J Situmorang yang merupakan alumni SMA TN angkatan ke-10 (Foto istimewa)