Sumbang Emas PON XX, Farrel Armandio Tangkas, Jadi Inspirasi Kebangkitan Renang Papua

Farrel Armandio Tangkas
Farrel Armandio Tangkas (Foto : )
Pada PON XX Papua 2021, Perenang Farrel Armandio Tangkas berhasil menyumbang satu emas, empat perak dan satu perunggu menjadi sejarah bagi kontingen Papua yang kini jadi inspirasi para perenang muda Papua.
Medali emas yang disumbangkan Farrel Armandio Tangkas pada PON XX Papua 2021 dari cabang renang, menjadi inspirasi para perenang muda Papua.Kini renang Papua tidak bisa dipandang sebelah mata, Papua punya perenang nasional yang akan mengangkat kejayaan Bumi Cendrawasih.Dijelaskan Sekum Pengprov PRSI Papua, Saharudin Ita pada PON XX 2021, Farrel sengaja direkrut untuk bisa menjadikan renang Papua berprestasi. Hasilnya Farrel berhasil mempersembahkan satu medali emas, empat medali perak dan satu medali perunggu. Medali emas dari nomor 200 meter gaya punggung juga menjadi rekor PON dengan catatan 02 menit 01,94 detik. Rekor PON sebelumnya dipegang Ricky Anggawijaya 02:02.84 pada PON 2016 Bandung.[caption id="attachment_499804" align="alignnone" width="900"]
Perenang Papua, Farrel ArmandioTangkas (Kiri) berhasil merebut medali emas cabang olahraga renang di nomor 200 meter Gaya Punggung Putra PON XX Papua di Kolam Akuatik Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Sabtu (9/10/2021) (PB PON XX Papua/Husni Yamin)[/caption]Empat medali perak dari nomor 200 meter dan 400 meter gaya ganti putra serta 50 meter dan 100 meter gaya punggung. Satu medali perunggu dari nomor 400 meter gaya bebas."Farrel ini mercusuar, sebagai pemicu untuk renang Papua bisa mencetak prestasi termasuk pada PON XX. Ini sejarah renang Papua dapat emas, karena belum pernah terjadi," ujar Saharudin.Farrel sendiri mengaku sangat senang pada PON pertamanya bisa mempersembahkan medali emas. "Perasaan senang sekali, karena awalnya hanya target satu emas. Hasilnya bisa dapat tambahan empat perak dan satu perunggu. Bersyukur dan mengucapkan terima kasih buat Gubernur Lukas Enembe, juga jajaran KONI Papua ada Ketum juga Sekum Kenius Kogoya, PRSI Papua dan rekan-rekan semua," ucap pemegang rekornas nomor 200 meter gaya punggung ini.Ketika ditanya sukses Farrel menjadi inspirasi para perenang muda Papua, pemuda berusia 20 tahun ini menjawab dengan senyum lebar. "Bersyukur. Karena awalnya saya juga tidak bisa berenang. Namun dengan berlatih terus menerus dan disiplin, bukan tidak mungkin akan lahir talenta-talenta berbakat dari Bumi Cendrawasih ini," jelas Farrel yang diamini Papanya Uberlin Tangkas.[caption id="attachment_499802" align="alignnone" width="576"] Farrel dan Saharudin bertekad pertahankan tradisi emas di PON 2024. Foto : istimewa[/caption]"Kehebatan Farrel banyak dicontoh para perenang Papua. Mereka kini punya idola yang bisa menjadi pembakar semangat untuk giat berlatih. Saya pribadi juga berharap para perenang Papua bisa berlatih dengan rajin dan ulet karena sudah didukung fasilitas kolam renang standart internasional. Semoga akan lahir talenta-talenta renang dari Papua," tambah Saharudin.Pada PON 2024 nanti, lanjut Saharudin, Papua akan mempertahankan tradisi medali emas di cabang olahraga renang.  Perolehan Medali Farrel Armandio tangkas di PON XX Papua 2021 :