Kasus Covid-19 di Indonesia Terus Menurun, Ini Kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin

Kasus Covid-19 di Indonesia Terus Menurun, Ini Kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Foto Tangkap Layar Youtube)
Kasus Covid-19 di Indonesia Terus Menurun, Ini Kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Foto Tangkap Layar Youtube) (Foto : )
Kasus Covid-19 di Indonesia dilaporkan oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19 terus mengalami perbaikan yang pesat dengan indikasi penurunan kasus.
Saat ini, jumlah kasus harian dan kematian akibat Covid-19 juga terus memperlihatkan penurunan yang signifikan.Menurut Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, indikator tersebut memiliki penjelasan ilmiah yang bisa menjelaskan penurunan kasus di Indonesia.Menurut Budi, kasus Covid-19 di Indonesia menurun karena karena banyak masyarakat yang sudah mulai kebal dari infeksi Corona."Melihat bahwa kasus di Indonesia turun dengan drastis, salah satu penjelasan ilmiahnya adalah karena banyak rakyat Indonesia yang sudah memiliki kekebalan. Baik itu dari vaksin ataupun alamiah karena sembuh dari sakit," kata Menkes.Hal itu disampaikan Menkes dalam konferensi pers PPKM yang digelar secara virtual di kanal Youtube @Sekretariat Presiden, Senin (11/10/2021).Untuk itu, Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) akan bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri untuk menyiapkan Seroprevalence Survey. Yakni untuk memeriksa 21.880 sampel di 34 provinsi, di 100 kabupaten/kota di Indonesia.Menkes mengungkapkan hasil dari survei ini diharapkan selesai pada pertengahan Desember.Nantinya, lanjut Menkes, hasil survei ini bisa memberikan gambaran yang lengkap mengenai kondisi kekebalan atau antibodi dari seluruh masyarakat Indonesia.Selain itu, hasil ini juga akan menjadi basis dari penyusunan kebijakan-kebijakan yang ada kedepannya."Dan rencana kami Seroprevalence Survey ini atau survei prevalensi antibodi masyarakat akan dilakukan setiap 6 bulan. Survei ini juga kami lakukan bekerja sama dengan Universitas Indonesia, Fakultas Kesehatan Masyarakat, dan WHO. Agar hasilnya nanti bisa di share ke dunia dan menunjukkan kesiapan Indonesia dalam mengantisipasi penanganan pandemi dan transisinya menjadi endemi," jelas Menkes.