Heboh Pemulung Menemukan Mortir Aktif di Dasar Sungai, Ini Kata Polisi

Heboh Pemulung Menemukan Mortir Aktif di Dasar Sungai, Ini Kata Polisi (Foto antvklik-Edy)
Heboh Pemulung Menemukan Mortir Aktif di Dasar Sungai, Ini Kata Polisi (Foto antvklik-Edy) (Foto : )
Warga Dusun Krajan RT 04 RW 02, Desa Sutojayan, Kec. Pakisaji, Kab. Malang, Jawa Timur, heboh dengan penemuan sebuah mortir aktif di dasar Sungai Sukun oleh seorang pemulung.
Kabar penemuan benda berbahaya itu juga ditegaskan oleh Kanit Intel Polsek Pakisaji, Ipda Eka Yuliandri Aska, Rabu (6/10/2021)."Kemarin (Selasa, 5 Oktober 2021) sekitar pukul 12.15 WIB, ditemukan warga di sekitar Sungai Sukun," kata Ipda Eka Yuliandri Aska.[caption id="attachment_497516" align="aligncenter" width="900"]
Mortir Aktif yang Ditemukan Pemulung di Dasar Sungai (Foto antvklik-Edy) Mortir Aktif yang Ditemukan Pemulung di Dasar Sungai (Foto antvklik-Edy)[/caption]Saat itu, terang Aska, pemulung tersebut tengah mencari barang-barang bekas di dasar Sungai Sukun. Ia kemudian menemukan sebuah benda yang mirip bom di dasar sungai dan memanggil warga desa setempat."Setelah itu warga kemudian melapor ke pihak berwajib dan kami langsung mengamankan barang bukti tersebut," ujarnya.[caption id="attachment_497517" align="aligncenter" width="900"] Personel Brimob Tengah Membawa Mortir untuk Diledakkan (Foto antvklik-Edy) Personel Brimob Tengah Membawa Mortir untuk Diledakkan (Foto antvklik-Edy)[/caption]Menurut Aska, mortir tersebut diketahui masih aktif dan dilakukan peledakan pada hari ini, Rabu, 6 Oktober 2021, sekitar pukul 10.00 WIB. Disposal mortir tersebut dilakukan langsung oleh tim Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Jawa Timur."Mortir masih aktif. Diperkirakan berusia puluhan tahun sejak zaman Belanda, sejak Perang Dunia ke 2," terangnya.Setelah mortir berhasil dievakuasi Anggota Subden Jibom Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Jatim melakukan perakitan untuk meledakkan bahan peledak yang diduga mortir tersebut ."Sebelum diledakan Tim Subden Jibom Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Jatim melakukan sosialisasi kepada warga. Selanjutnya setelah lokasi peledakan dipastikan aman peledakanpun di laksanakan," terang Plt, Kapolsek Pakisaji Iptu Sigit Kurniawan.[caption id="attachment_497518" align="aligncenter" width="900"] Mortir saat Diledakan di Lahan Kosong (Foto antvklik-Edy)