Geger Penampakan Fenomena Aneh di Laut Selatan Jawa Bercahaya saat Malam Hari

Geger Penampakan Fenomena Aneh di Laut Selatan Jawa yang Bercahaya saat Malam Hari (Foto Ilustrasi - IStockphoto)
Geger Penampakan Fenomena Aneh di Laut Selatan Jawa yang Bercahaya saat Malam Hari (Foto Ilustrasi - IStockphoto) (Foto : )

Beredar viral di media sosial soal fenomena aneh laut bercahaya di selatan Jawa pada Rabu (8/9/2021) yang membuat geger dunia maya. Foto yang beredar tersebut diambil oleh satelit dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional AS. Yakni yang mendeteksi adanya "Milky Seas" di laut selatan Jawa.

Beberapa netizen yang baru mengetahui hal tersebut, berasumsi bahwa fenomena laut itu terjadi karena pergerakan lempeng. "Baru tau," tulis salah satu akun Twitter. "Mungkin itu buih2 air karena terjadi pergerakan lempeng bumi bawah laut, siap2 aja gempa dahzat Jawa," cuit netizen lainnya.

heboh-laut-selatan-jawa-bercahaya-saat-malam-hari-fenomena-apa-itu- Dilansir dari situs jurnal Nature, Kamis (29/7/2021), para peneliti dari AS menemukan adanya Milky Seas. Atau lautan susu, karena dalam satelit terlihat seperti larutan susu, berukuran besar di Samudra Hindia bagian timur, atau tepat di selatan Jawa. Pada malam 25 Juli, DNB mendeteksi anomali bercahaya di selatan Surakarta, Jawa, dekat 9,5 derajat LS, 111 derajat BT.

Deteksi di tengah kondisi cahaya bulan yang moderat menunjukkan sumber emisi yang sangat kuat. Diketahui, luas area lautan yang berwarna ini atau dikenal Milky Seas kira-kira 100.000 meter persegi atau setara dengan luas Islandia. Namun, fenomena ini tidak terdeteksi pada siang hari. Indonesia dilaporkan menjadi lokasi yang paling sering terjadi peristiwa langka laut bercahaya terang di malam hari (milky seas).

Berdasarkan laporan, hanya sekitar dua atau tiga milky seas yang terjadi per tahun di seluruh dunia. Namun, sebagian besar di perairan barat laut Samudra Hindia dan lepas pantai Indonesia. Hal ini berdasarkan hasil pengamatan para peneliti di Amerika Serikat membeberkan fenomena aneh. Yakni laut yang bercahaya dalam gelap (milky sea), di laut selatan Jawa alias Samudera Hindia.