Belum Sirna Covid-19, India Dihantui Wabah Demam Misterius, 56 Orang Meninggal Dunia

Belum Sirna Covid-19, India Dihantui Wabah Demam Misterius, 56 Orang Meninggal Dunia (Foto Ilustrasi Anak-anak di India-Ritesh Arya)
Belum Sirna Covid-19, India Dihantui Wabah Demam Misterius, 56 Orang Meninggal Dunia (Foto Ilustrasi Anak-anak di India-Ritesh Arya) (Foto : )
Tercatat sebanyak 56 orang anak-anak meninggal dunia yang diduga akibat wabah demam misterius yang terjadi di India Utara, Uttar Pradesh. Yakni yang terjadi dalam beberapa hari belakangan ini.
Seperti dikutip dari Reuters, wabah demam ini sebelumnya masih menjadi pertanyaan. Namun diduga demam ini mirip dengan wabah Demam Berdarah."Diduga penyakit ini disebabkan oleh demam berdarah. Itu karena para pasien terutama anak-anak di rumah sakit meninggal dengan sangat cepat," ujar pejabat kesehatan senior di distrik Firozabad, Dr. Neeta Kulshrestha, seperti dikutip dari Reuters, Senin (6/9/2021).Hal tersebut terlihat dari ciri-ciri gejala yang ditimbulkan yakni gejala demam tinggi, nyeri sendi, sakit kepala, dehidrasi. Serta mual, di mana beberapa pasien mengalami ruam di tungkai atas dan bawah.Bahkan yang lebih anehnya lagi, tidak satupun korban demam ini didiagnosis positif Covid-19. Sebab, hasil tes darah sejumlah pasien menunjukkan penurunan jumlah trombosit yang biasanya disebabkan oleh DBD.Sebagai informasi, demam berdarah menjadi penyakit virus yang disebarkan oleh nyamuk Aedes Aegypti Dengue melalui gigitan.Nyamuk ini banyak ditemukan di daerah tropis dan subtropis di seluruh dunia, sebagian besar menempati perkotaan.Tidak hanya itu, virus dengue juga memiliki 4 jenis yang artinya seseorang dapat terinfeksi sebanyak empat kali.Sementara, berdasarkan data yang dikeluarkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), diperkirakan terdapat sekitar 390 juta infeksi dengue di seluruh dunia.Jumlah infeksi dan kematian telah meningkat secara drastis dalam beberapa dekade terakhir, melonjak empat kali lipat antara tahun 2000 dan 2015. Yakni saat 4.032 orang meninggal karena penyakit DBD.