Erick Thohir: Timnas Indonesia Harus Lebih Bersiap Paska Drawing Kualifikasi FIBA World Cup 2023

fiba draw
fiba draw (Foto : )

Hasil drawing kualifikasi FIBA World Cup 2023 yang menempatkan Indonesia berada di grup Asia Barat, dan tergabung dengan negara-negara Timur Tengah dan negara Asia Tengah menuntut timnas bola basket Merah Putih harus lebih mempersiapkan diri agar mampu lolos ke ajang Piala Dunia Bola basket 2023. Ajang tertinggi bola basket dunia tersebut akan dilangsungkan di tiga negara, Jepang, FIlipina, dan Indonesia.

Hal tersebut dinyatakan FIBA Central Board Member, Erick Thohir, Selasa (31/8/21) di Jakarta. Menurutnya, Indonesia mendapat kesempatan besar untuk tak hanya menjadi tuan rumah ajang Piala Dunia Bola Basket 2023, tapi juga lolos secara kompetitif karena mampu mengimbangi para pesaing.

"Kini ada dua opsi bagi timnas Indonesia untuk lolos. Pertama, menduduki peringkat delapan besar di FIBA Asia Cup yang akan digelar di tahun 2022. Kedua, pada akhir kualifikasi FIBA World Cup 2023, Indonesia menempati peringkat 5 besar. Melihat adanya dua opsi tersebut, sebagai persiapan menuju  FIBA Asia Cup 2021 dan FIBA World Cup 2023, saya meminta agar persiapan tim nasional harus ditingkatkan, baik tim junior maupun tim senior, karena waktunya sangat dekat. Kita harus menunjukkan kepada bangsa-bangsa lain bahwa Indonesia juga bisa bersaing," ujar Erick Thohir yang juga menjabat sebagai FIBA WORLD CUP 2023 Board - Indonesia.

Drawing kualifikasi FIBA World Cup 2023 yang digelar di Jenewa, Swiss tersebut membagi wilayah Asia menjadi dua bagian, Asia Barat dan Asia Timur. Di awal, grup Asia Barat terdiri dari Kazakhstan, Iran, Bahrain, Saudi Arabia, Lebanon, Jordania, Syria, dan India. Sementara grup Asia Timur meliputi Indonesia, Filipina, Australia, Korea, Jepang, China, Chinese Taipei, dan Selandia Baru. 

Namun, karena di grup Asia Timur terdapat tiga negara tuan rumah Piala Dunia 2023, yakni Jepang dan Filipina yang merupakan negara unggulan, serta Indonesia, maka oleh FIBA dilakukan pertukaran. Indonesia dipindahkan ke grup Barat, sementara India beralih ke Grup Timur. Saat kualifikasi FIBA Piala Dunia 2023 nanti berlangsung, masing-masing di setiap grup Barat dan Timur akan dibagi menjadi dua pool dan setiap pool akan berisi empat negara.

"Draw ceremony FIBA World Cup Qualifiers ini merupakan awal dari seluruh rangkaian menuju kegiatan FIBA World Cup 2023 dengan Indonesia menjadi tuan rumah," pungkas Erick Thohir