Beredar Foto Seorang Pilot AU Wanita Afghanistan Dirajam Taliban, Ini Faktanya

Beredar Foto Seorang Pilot AU Wanita Afghanistan Dirajam Taliban, Ini Faktanya (Foto Twitter)
Beredar Foto Seorang Pilot AU Wanita Afghanistan Dirajam Taliban, Ini Faktanya (Foto Twitter) (Foto : )
Dunia maya dihebohkan dengan beredarnya sebuah foto seorang wanita yang disebut merupakan seorang pilot AU dirajam hingga meninggal dunia di Afghanistan.
Foto itu diketahui beredar usai pasukan Taliban menguasai pemerintahan Afghanistan serta melakukan langkah-langkah represif.Dalam foto yang beredar itu, wanita tersebut tampak mengenakan pakaian berwarna hitam. Saat dirajam, dia terlihat dikelilingi oleh sejumlah orang."Safiya Firozi, salah satu dari empat pilot wanita Angkatan Udara Afghanistan dirajam sampai mati di depan umum," tulis keterangan dalam foto tersebut.Salah satu yang ikut membagikan foto itu adalah akun Twitter 
@varnikadubey , pada Kamis (19/8/2021).https://twitter.com/varnikadubey/status/1428296463197474819Lantas, benarkah foto yang beredar itu adalah perajaman terhadap pilot Angkatan UdaraAfghanistan oleh Taliban?Seperti dikutip dari Reuters, foto tersebut tidak berkaitan dengan jatuhnya pemerintahan Afghanistan oleh pasukan Taliban.Sejumlah media seperti Al Jazeera dan the New York Times pernah mengunggah foto itu pada Mei 2015.Dalam artikel yang diterbitkan the Times, Inggris, wanita yang ada dalam foto tersebut bernama Farkhunda Malikzade. Ia dirajam dengan tuduhan telah membakar Al-Quran.Sementara itu, Safiya Firozi memang benar ia merupakan pilot AU Afghanistan. Ia dan keluarganya pernah melarikan diri dari Kabul pada 1990an. Lalu, kembali ke kota tersebut pada 2001.Jadi bisa disimpulkan bahwa foto tersebut bukanlah sosok Safiya Firozi, melainkan wanita bernama Farkhunda yang dirajam karena membakar Al-Quran.