Beredar Video Pemain Musik di Jerman Hentikan Permainan saat Azan Berkumandang, Ini Faktanya

Beredar Video Pemain Musik di Jerman Hentikan Permainan saat Azan Berkumandang, Ini Faktanya (Foto Tangkap Layar Youtube)
Beredar Video Pemain Musik di Jerman Hentikan Permainan saat Azan Berkumandang, Ini Faktanya (Foto Tangkap Layar Youtube) (Foto : )
Beredar video di media sosial yang memperlihatkan sekumpulan pemain trompet di jalanan. Mereka memberhentikan sejenak permainan mereka ketika azan berkumandang.
Salah satu akun di Twitter bernama
@4nakN4_Abah , mengklaim video berdurasi 26 detik tersebut adalah kegiatan yang berlangsung di Jerman.Berikut narasinya yang dicuitkan pada Rabu, 4 Agustus 2021, lalu."Beginilah cara warga Jerman menghargai Islam, ketika adzan, menghentikan sejenak music terompet yang sdng dimainkannya.Terimakasih.." cuitnya.https://twitter.com/Ceuceu_Corason/status/1422821168034189317Lalu, benarkah kejadian permainan musik itu berlangsung di Jerman?Hasil penelusuran, video itu tidak diambil di Jerman melainkan di Turki.Mengutip situs Turnbackhoax.id, faktanya, video tersebut adalah grup musik jalanan asal Perancis, Poil O’Brass Band yang tampil di Istiklal Caddesi, Istanbul, Turki. Yakni tahun 2019 dan menghentikan penampilannya saat azan berkumandang.Berikut terjemahan narasi yang diunggah oleh akun berbahasa Turki yang artinya kurang lebih seperti ini: "Band musik jalanan beranggotakan 18 orang ‘Poil O’Brass Band’ dari Paris tampil di hadapan pecinta musik di Istiklal Street. Rombongan yang disimak dengan antusias oleh warga yang lalu lalang itu menghentikan aksinya saat azan berkumandang,” cuit akun itu.https://twitter.com/yenisafak/status/1159725893931163649Sebagai tambahan, informasi yang sama sebelumnya pernah dibahas dalam artikel Turn Back Hoax berjudul [SALAH]. “Di jerman Negara Eropa saja menghargai waktu Adzan” pada 28 November 2019.Dari berbagai fakta di atas, cuitan akun Twitter 4nakN4_Abah (@@Ceuceu_Corason) dikategorikan sebagai Konten yang Salah.