Innalillahi Wainna Ilaihi Rojiun, Rektor Institut Ilmu Al-Quran Jakarta Huzaemah Tahido Yanggo Meninggal Dunia Terpapar Covid-19

Innalillahi Wainna Ilaihi Rojiun, Rektor Institut Ilmu Al-Quran Jakarta Huzaemah Tahido Yanggo Meninggal Dunia Terpapar Covid-19
Innalillahi Wainna Ilaihi Rojiun, Rektor Institut Ilmu Al-Quran Jakarta Huzaemah Tahido Yanggo Meninggal Dunia Terpapar Covid-19 (Foto : )
Kabar duka datang dari Tanah Air. Rektor Institut Ilmu Al-Quran Jakarta Prof Dr Huzaemah Tahido Yanggo meninggal dunia karena terpapar covid-19.
Huzaemah Tahido Yanggo meninggal dunia pada Jumat (23/7/2021) sekira pukul 06.10 WIB di Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD Banten.Informasi wafatnya Rektor Institut Ilmu Al-Quran Jakarta ini dikabarkan oleh Nadirsyah Hosen, tokoh muda Nahdlatul Ulama. Pria yang sering disebut Gus Nadir ini mengabarkan via akun media sosial miliknya di Twitter @na_dirs."Kabar duka: Prof. Dr Hj Huzaemah Tahido Yanggo wafat dalam usia 74 tahun karena COVID," cuitnya.Gus Nadir menceritakan bahwa Almarhumah Huzaemah merupakan ahli fikih dan seorang wanita pertama pertama yang meraih gelar doktor di Universitas Al- Azhar, Kairo."Rektor IIQ Jakarta dan pakar fikih perbandingan mazhab, perempuan Indonesia pertama yang mendapat gelar doctor dari Universitas Al-Azhar Cairo," cuitnya.https://twitter.com/na_dirs/status/1418355072564555780Semasa hidupnya, selain menjabat Rektor Institut Ilmu Al-Quran Jakarta, Huzaemah menjadi dosen di sejumlah kampus lainnya yakni Universitas Indonesia dan Universitas Muhammadiyah Jakarta. Ia juga menjadi Guru Besar di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.Ia juga pernah menjabat sebagai anggota Majelis Ulama Indonesia (MUI), anggota Komisi Fatwa MUI pada tahun 1987 dan berlanjut menjadi Ketua Bidang Fatwa MUI. Kemudian, anggota Dewan Syariah Nasional MUI pada 1997 dan 2000.Lalu pada 2020, ia menjabat Ketua MUI Pusat Bidang Pengajian dan Pengembangan Sosial dan menjadi anggota Dewan Pengawas Syariah di Bank Niaga Syariah.