Langkah Pecatur Dunia Susanto Megaranto Terhenti karena Positif Covid-19

Langkah Pecatur Dunia Susanto Megaranto Terhenti karena Positif Covid-19 (Foto RRI)
Langkah Pecatur Dunia Susanto Megaranto Terhenti karena Positif Covid-19 (Foto RRI) (Foto : )
Harapan pecatur dunia putra terbaik Indonesia GM Susanto Megaranto untuk menyelesaikan laga putaran dua Piala Dunia Catur 2021 di Sochi, Rusia sirna.
Hal itu terjadi setelah dirinya dinyatakan positif Covid-19 dalam swab tes yang dilakukanya pada Kamis kemarin (15/7/2021).Susanto Megaranto sedang menjalani pertandingan babak pertama putaran kedua melawan pecatur Amerika Serikat, GM Fabiano Caruana. Saat itu ofisial dari Federasi Catur Internasional (FIDE) menghampirinya dan menyatakan Susanto positif Covid-19. Pecatur terbaik Indonesia itu pun diminta meninggalkan arena pertandingan.Susanto sendiri telah menjalani pertandingan berlangsung 15 langkah ketika jumpa Caruana.FIDE melalui situs resminya menyatakan, ada salah satu pecatur peserta Piala Dunia Catur 2021 positif Covid-19. Namun, FIDE tidak mengungkap identitas pecatur tersebut."Sesuai dengan protokol kesehatan dan keselamatan umum turnamen, pemain telah diminta untuk segera meninggalkan area bermain, dan permainannya dinyatakan kalah. Pemain yang bersangkutan mengenakan masker wajah selama pertandingan, dan dia telah ditempatkan di karantina. Lawannya, yang juga diminta segera meninggalkan ruang bermain, kini akan menjalani pemeriksaan," kata FIDE, seperti dikutip dari rri.co.id.Identitas pecatur yang diidentifikasi positif terpapar virus corona itu diungkap laman catur populer
chess24.com . Tertulis bahwa pernyataan dari FIDE di bawah ini mengkonfirmasikan hasil test positif Covid-19 untuk Susanto Megaranto yang tengah bertanding dengan Fabiano Caruana.Hingga berita ini diturunkan, belum ada pernyataan dari tim catur Indonesia yang tengah berada di Sochi Rusia.Sebelumnya, pecatur Indonesia, IM Mohamad Ervan juga harus mundur di putaran pertama karena terkonfirmasi positif Covid-19.Dengan usainya penampilan Susanto Megaranto diputaran kedua Piala Dunia Catur 2021, Tim Catur Indonesia masih menyisakan dua pecatur lainnya. Yakni yang turun di katagori Piala Dunia Putri, IM Irene Kharisma Sukandar dan IM Medina Warda Aulia.Menghadapi lawan tangguh pada putaran kedua, di babak pertama Irene Kharisma harus mengakui keunggulan pecatur tuan rumah Rusia GM Valentina Gunina dilangkah 54.Sedangkan di meja lainnya Medina ditundukkan unggulan 6 asal India GM Harika Dronavalli langkah 46 melalui permain Ruy Lopez varian Norwegia.Keduanya masih memiliki kans untuk tiket putaran tiga jika berhasil memenangkan laga babak kedua hari ini Jum'at (16/7/2021). Hasil itu memaksakan partai diakhiri dengan tie break.