Bek Timnas Indonesia Pratama Arhan Berpeluang Main di Seongnam FC

Timnas U-19 vs Kroasia U-19 1-7 Nomor 2 lagi
Timnas U-19 vs Kroasia U-19 1-7 Nomor 2 lagi (Foto : )
Bek Timnas Indonesia Pratama Arhan berpeluang main di Seongnam FC. Klub kasta tertinggi di Korea Selatan Seongnam FC tertarik merekrut bek Timnas U-19 Indonesia Pratama Arhan.
Pratama Arhan menjadi salah satu pemain Timnas Indonesia yang selalu mendapat kesempatan bermain sejak era pelatih Shin Tae-yong. Bek muda PSIS Semarang ini mendapat perhatian dari Shin Tae-yong karena memiliki skill yang bagus serta lempatan bola jarak jauh.Penampilannya yang memikat selama mengikuti TC Timnas U-19, mengantarkannya ke Timnas Senior. Meski masih berusia belasan tahun, Arhan sudah diberdayakan untuk Timnas Indonesia Senior di tiga pertandingan terakhir Kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar.Pratama Arhan selalu tampil di tiga pertandingan menghadapi para pemain senior dari Thailand, Vietnam dan tuan rumah Uni Emirat Arab. Meski skuat garuda muda hanya mampu menahan imbang Thailand 2-2, dan kalah atas Vietnam 0-4 serta UEA 0-5, penampilan Pratama Arhan dan kawan kawan yang disiapkan untuk tampil di SEA Games Vietnam 2021 dinilai cukup memuaskan.Kini, bek kiri milik PSIS Semarang tersebut diisukan tengah dalam pengamatan klub kasta teratas Korea Selatan, Seongnam FC. Klub tersebut juga merupakan klub yang lama dibela oleh Pelatih Timnas Shin Tae-yong, ketika masih aktif sebagai pemain.Tampaknya koneksi Shin Tae-yong dan mantan klubnya Seongnam FC akan menjadi pembuka jalan bagi Arhan untuk bisa merajut karier di Negeri Ginseng. Contoh nyata keterlibatan Shin Tae-yong telah mengantarkan Asnawi Mangkualam Bahar untuk bermain di K League 2.Berkat koneksi Shin Tae-yong, bek kanan Timnas U-23 Indonesia Asnawi Mangkualam Bahar bergabung dengan klubĀ  Ansan Grreeners. Shin Tae-yong menjalin komunikasi dengan Ansan Greeners, untuk mewujudkan perpindahan Asnawi dari PSM Makassar ke klub yang dibelanya saat iniThe Green Wolves -- julukan Ansan Greeners -- menanyakan tentang data, bagaimana sosok dan permainan Asnawi dari rekomendasi Shin Tae-yong. Jadi jika memang Shin Tae-yong sudah memberikan rekomendasi Pratama Arhan ke Seongnam FC, tak lama lagi Arhan akan terbang ke Korea Selatan.
Belum Ada Tawaran Resmi Untuk Pratama Arhan dari Seongnam PSIS sebagai klub pemilik Pratama Arhan saat ini tidak keberatan untuk melepas aset panas mereka ke Korea Selatan. Yoyok Sukwijaya sebagai CEO klub menyatakan, manajemen selalu mendukung perkembangan karier pemain mereka.Apalagi bisa bermain di klub bekas Shin Tae-Yong di Liga 1 Korea Selatan, pasti pemainnya memiliki nilai tersendiri. Karena itu PSIS tidak akan menahan jika memang pemainnya benar-benar diminati oleh klub kasta teratas Korea Selatan."Bagus dong, membanggakan Arhan mendapatkan tawaran itu. PSIS akan mendukung Arhan bermain di Korea Selatan. Kami terbuka untuk itu," kata Yoyok Sukawi mengenai ketertarikan Seongnam kepada bek kiri berusia 19 tahun tersebut.Namun, pria yang juga anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI itu mengatakan bahwa Seongnam memang belum mengajukan tawaran resmi. Meski ia tidak membantah bahwa informasi tentang rencana Seongnam membawa Arhan itu ada."Rumornya 'kan begitu ya. Untuk pembicaraan atau tawaran resmi belum ada. Sekarang tidak usah berandai-andai dulu. Yang jelas Arhan punya kontrak di PSIS sampai tahun 2024," tukas Yoyok.Seongnam ingin menghadirkan Arhan dengan status pemain Asia Tenggara. Status tersebut memang berlaku di Korea Selatan, dan nampaknya akan menjadi tren setelah bagaimana Asnawi mampu mengangkat pamor klub di media sosial.Arhan sendiri bersikap tenang soal minat Seongnam kepadanya. "Untuk saat ini saya fokus ke PSIS dulu setelah membela Timnas," buka Arhan."Sebagai seorang pemain profesional, saya fokus terlebih dahulu dengan klub yang saat ini saya bela dan terus belajar, berproses serta mengembangkan diri untuk lebih baik lagi kedepannya," tandasnya.